Daerah

Warga Kesulitan Mengurus Administrasi Kependudukan Online, Dosen FTK UIN Suska Riau Lakukan Pendampingan

Warga mendengarkan penjelasan pentingnya administrasi kependudukan dan bisa dilakukan secara online. (F:ist-ANews)

PEKANBARU (ANews) - Menanggapi banyaknya keluhan warga yang mengalami kesulitan dalam mengurus administrasi kependudukan online, Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau melakukan pendampingan. 

Bertempat di Masjid Burhanuddin RT 01 RW 04 Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tuah Madani, dosen FTK UIN Suska Riau Susilawati S.Pd, M.Pd dan tim mendampingi warga dalam sosialisasi Pengurusan Administrasi Kependudukan Online melalui sipenduduk.pekanbaru.go.id, Jumat (29/7/2022).

Relawan mendampingi warga memberi penjelasan

Menurut Susilawati yang juga menjadi ibu RT di wilayah tersebut, kegiatan ini dilatarbelakangi karena masih banyak warga yang masih bermasalah dalam kepemilikan administrasi kependudukan dan pemekaran wilayah oleh Pemerintah Kota Pekanbaru, salah satunya warga yang sebagian berdomisili di Kecamatan Tampan yang sekarang sudah dimekarkan menjadi Kecamatan Tuah Madani. 

Dalam sambutannya ia menyebutkan banyak warga yang meminta surat pengantar mengurus kartu keluarga (KK), Akte Kelahiran dan lainnya yang mengatakan kepada ketua RT tentang kesulitan mengurusnya.

Relawan mendampingi warga mengakses dengan handphonenya sendiri

" Warga mengeluh dalam penguruan banyak makan waktu. Kalau minta bantuan calo, lumayan besar biayanya. Sementara sekarang pemerintah sudah menyediakan website untuk pengurusan hal itu secara online dengan waktu yang singkat dan memotong birokrasi yg panjang," tegas Susilawati.

Dalam melakukan pendampingan ini, Susilawati dan tim melibatkan forum RT/RW Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tuah Madani, Hery Budiyono dan tim relawannya. 

Dosen FTK UIN Suska Riau Susilawati S.Pd, M.Pd 

"Saya secara pribadi masih minim informasi tentang semua layanan yang ada pada sipenduduk, maka kami berkolaborasi dengan tim Pak Hery Budiyono ini,"ungkap alumni Universitas Riau ini.

Selain memberi layanan langsung kepada warga, kegiatan pengabdian ini juga melatih beberapa relawan yang merupakan warga setempat untuk seterusnya bisa membantu warga menggunakan handphonenya untuk bisa mengakses sendiri dan membantu warga yang tidak punya fasilitas, seperti handphone maupun email, dan tidak paham cara mengisi. 

"Alhamdulillah, kami sudah melatih 8 orang pemuda di sini untuk paham tentang sipenduduk. Namun, tetap terus didampingi jika ada masalah atau ragu terkait jenis layanan dan cara mengisinya,"tuturnya.

Kegiatan pengabdian ini sangat dirasakan manfaatnya oleh warga, salah seorang warga yang telah didampingi langsung mengisi dengan handphonenya.

"Ternyata mudah kali ya mengisinya. Menghemat waktu dan tinggal nunggu hasilnya aja lewat email," ungkap Yenti Fitriani. 

Sebanyak 130 orang warga RT 01 RW 04 Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tuah Madani hadir di Masjid Burhanuddin sejak pukul 10.00-16.00. Mereka bergiliran, mulai mendapatkan formulir, mengisi formulir, sampai upload dokumen ke sipenduduk. 

Tim Sosialisasi Pengurusan Administrasi Kependudukan Online di Masjid Burhanuddin

"Animo warga sangat besar, saya juga kaget. Menjelang Ashar pun masih tetap ramai," ungkap Didi salah seorang relawan yang membantu kegiatan ini. 

Meski ini menjadi kegiatan perdana, yang dilakukan di RW Tuah Karya, namun sosialisasi seperti ini akan dilakukan juga seterusnya di wilayah lainnya yang termasuk dalam kecamatan pemekaran.

"Kami akan tindaklanjuti ke RW lainnya di Kelurahan Tuah Karya dan kami akan tetap menggandeng dosen UIN Suska Riau ke depannya untuk melayani masyarakat,"ungkap Hery Budiyono, ketua Forum RT/RW Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tuah Madani.

Sementara itu Ketua RT 01 RW 04 Dedy Syafhendri mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. 

"Untuk selanjutnya yang akan membantu warga adalah para relawan yang telah dilatih. Sehingga diharapkan tidak ada lagi warga yang kesulitan dalam pengurusan administrasi kependudukan," ujar Ketua Dedy.  

Suksesnya kegiatan ini menurut Susilawati juga dibantu oleh organisasi Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau (IKA UNRI) dengan membagikan nasi kotak Jum'at Berkah kepada peserta Sosialisasi.

"Kami (tim pengabdian) sangat terbantu dengan adanya bantuan dari IKA UNRI, sehingga warga yang hadir dari pagi mendapatkan buah tangan berupa nasi kotak," ujar Susilawati. (RNM/ANews)
 



Tulis Komentar