Daerah

Pengurus PWI Riau 2022-2027 Resmi Dilantik, Gubri Harapkan Kontribusi Insan Pers

Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari melantik pengurus PWI Riau periode 2022-2027. (F:ist-ANews)

PEKANBARU (ANews) – Ketua Umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari resmi melantik Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau Masa Bakti 2022-2027 Jumat (29/7/2022) siang di Gedung Daerah Riau.

Acara pelantikan dihadiri Gubernur Riau Syamsuar, Ketua DPRD Riau Yulisman, anggota DPR RI Syahrul Aidi, Anggota DPD RI Edwin Pratama Putra, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Pj Bupati Kampar Kamsol, dan Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby.

Dalam sambutannya, Gubri Syamsuar berharap kepada pengurus PWI Riau yang diketuai Zulmansyah Sekedang dan Sekretaris Anthony Harry itu, dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kualitas dan profesionalitas seluruh wartawan di Negeri Lancang Kuning.

Gubri juga mengatakan, Pemerintah Provinsi Riau sangat terbuka atas kritikan dari wartawan. “Kami terbuka menerima kritikan dari insan pers sehingga membawa perubahan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Riau,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang sebelumnya mengatakan, PWI Riau berkomitmen mewujudkan kompetensi wartawan dan optimalisasi peran organisasi.

"Meningkatkan kompetensi wartawan adalah semangat yang ingin kami terus upayakan. Saat ini 400-an anggota PWI Riau yang sudah kompeten. Insya Allah, kita targetkan 100 persen di periode ini," tekad Zulmansyah.

Pelantikan dilakukan atas dasar Surat Keputusan (SK) PWI Pusat Nomor 355-Pgs/PP-PWI/2022 tentang Pengesahan Pengurusan PWI Riau Masa Bakti 2022-2027. SK itu dibacakan oleh Kepala Bidang Pendidikan PWI Pusat, Nurzaman Mochtar.

Kepengurusan PWI Riau pada periode ini lebih banyak dari periode sebelumnya yang juga dipimpin oleh Zulmansyah yang nyaris berjumlah 100 orang. Atau mengalami peningkatan 40 persen dibandingkan pengurus periode lima tahun sebelumnya yang berjumlah 65 orang.

"Anggota PWI se-Riau itu totalnya 1.046 orang, yang mendaftar jadi pengurus 150 orang dan yang terpilih ada 92 orang. Kalau mau dibandingkan dengan Kaltara (Kalimantan Utara), total pengurus mereka hanya sekitar 60 orang. Sedangkan kita ini 92 yang dilantik saja," ujarnya.

Hampir sebagian pengurus lama periode sebelumnya kembali duduk sekalipun ada yang bergeser posisi. Selain itu wajah-wajah baru yang menjadi pendukung Zulmansyah saat Konferprov PWI Riau di Bengkalis Juni lalu, ikut mewarnai "kabinet baru" untuk lima tahun ke depan. Sejumlah mantan pengurus dan anggota PWI Kabupaten/kota juga terlihat dalam barisan pengurus PWI Riau periode 2022-2027.

Selain melantik PWI Provinsi Riau, dilantik pula Dewan Kehormatan PWI Provinsi Riau yang diketuai Helmi Burman, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Provinsi Riau yang diketuai Hastuti Salta, dan PWI Pokja Kota Pekanbaru yang diketuai Doni Dwi Putra. (**)



Tulis Komentar