Pendidikan

PKKMB 2022 Jumlah Mahasiswa Baru Meningkat, UNIKS Apresiasi Tingkat Kepercayaan Masyarakat

Pemakaian jas almamater secara simbolis kepada dua orang perwakilan mahasiswa oleh Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes. (F:ist-ANews)

TELUK KUANTAN (ANews) - Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2022, dengan tema : “Mewujudkan Pendidikan Berkarakter dan Bermutu Menuju UNIKS Unggul”. 

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Tahun Akademik 2022/2023 yang berjumlah sebanyak 483 mahasiswa secara langsung, selama dua hari mulai 13-14 September 2022, bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) UNIKS, Jl. Gatot Subroto KM 7 Kebun Nenas-Jake Teluk Kuantan, Selasa (13/9/2022).

Prosesi pembukaan PKKMB 2022, yang juga bersempena dengan Milad UNIKS ke IX ditandai dengan pemukulan gong dan pemotongan tumpeng dilanjutkan dengan acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) UNIKS dengan pihak Polisi Resort (Polres) Kabupaten Kuantan Singingi dan Pengadilan Negeri (PN) Teluk Kuantan selanjutnya diteruskan dengan pemakaian jas almamater secara simbolis kepada dua orang perwakilan mahasiswa oleh Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes.

Kegiatan PKKMB 2022 ini dihadiri oleh tamu undangan dari pihak eksternal yakni, Plt. Bupati Kuantan Singingi yang diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. H. Maisir, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri (LLDIKTI X) Afdalisama, SH., M.Pd yang mengikuti melalui Zoom Meeting, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kabupaten Kuantan Singingi yang diwakili oleh Wakil Kepala Kepolisian Resort (Wakapolres) Kompol Lilik Surianto, S,ST., SH., MH, Ketua Pengadilian Negeri (PN) Teluk Kuantan Agung Iriawan, SH., MH dan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kuantan Singingi yang diwakili oleh Jabrius Jas, S.Pd.I. Serta turut hadir pula Ketua Dewan Pembina Yayasan Perguruan Tinggi Islam Kuantan Singingi (YPTIKS) Prof. Suwardi, MS, Ketua YPTIKS Prof. Dr. H. Zulfan Sa’am, MS beserta pendiri, Pembina, pengawas dan pengurus YPTIKS. Tampak hadir pula seluruh unsur struktural, dosen dan tenaga kependidikan UNIKS.

Ketua PKKMB 2022 Helbi Akbar, S.Pd.I., MA dalam laporannya menyampaikan jumlah penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2022/2023 dan sebarannya pada setiap Program Studi (Prodi) serta metode ujian tes masuk UNIKS.

“Perlu juga saya sampaikan laporan mengenai jumlah penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2022/2023 sebanyak 483 mahasiswa yang tersebar di 12 Prodi. Fakultas Teknik, sebanyak 103 mahasiswa, terdiri dari : Prodi Teknik Sipil sebanyak 18 mahasiswa, Prodi Teknik Informatika sebanyak 76 mahasiswa dan Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota sebanyak 9 mahasiswa. Fakultas Pertanian, 78 mahasiswa terdiri dari : Prodi Peternakan sebanyak 18 mahasiswa, Prodi Agroteknologi sebanyak 34 mahasiswa dan Prodi Agribisnis sebanyak 26 mahasiswa. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, sebanyak 102 mahasiswa terdiri dari : Prodi Pendidikan Agama Islam sebanyak 91 mahasiswa dan Prodi Pendidikan Kimia sebanyak 11 mahasiswa dan Fakultas Ilmu Sosial, sebanyak 200 mahasiswa terdiri dari : Prodi Administrasi Negara sebanyak 97 mahasiswa, Prodi Ilmu Hukum sebanyak 46 mahasiswa, Prodi Akuntansi sebanyak 38 mahasiswa dan Prodi Perbankkan Syariah sebanyak 19 mahasiswa” paparnya.

“Selain itu dapat kami sampaikan pula tes Penerimaan Mahsiswa Baru (PMB) atau ujian masuk UNIKS dilakukan secara luar jaringan (luring) dengan flatporm android. Tes PMB atau ujian masuk UNIKS memadukan konsep blended (campuran) yakni dengan metode tes secara langsung yang dipusatkan pada GSG UNIKS, akan tetapi pengerjaan soal-soal PMB dilakukan melalui online pada android masing-masing calon mahasiswa”, tambahnya.

Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes pada sambutanya menyampaikan trend kenaikan jumlah mahasiswa baru UNIKS selama empat tahun terakhir serta juga menyampaikan harapan dan cita-cita menjadi kampus UNGGUL bersamaan dengan Milad UNIKS ke IX.

“Jumlah PMB tahun 2022 ini, mengalami trend kenaikan selama empat tahun terakhir. Tahun 2019 mahasiswa baru UNIKS yang mendaftar berjumlah 372 orang dan yang mendaftar ulang sebanyak 336 orang. Tahun 2020 mahasiswa baru UNIKS yang mendaftar berjumlah 407 orang dan yang mendaftar ulang sebanyak 359 orang. Tahun 2021 mahasiswa baru UNIKS yang mendaftar berjumlah 497 orang dan yang mendaftar ulang sebanyak 435 orang dan Tahun 2022 ini makin bertambah jumlah calon mahasiswa baru UNIKS yang mendaftar yaitu berjumlah 545 orang dan yang sudah daftar ulang dan ikut PKKMB ini berjumlah 483 orang, masih ada 62 orang yang belum mendaftar ulang”, jelasnya.

“Tujuan dari sebuah perjalanan akademik tentunya bukan sebatas didapatkannya gelar akademik saja, yang tidak kalah pentingnya adalah dicapainya kompetensi akademik, yang mencakup aspek pengetahuan kognitif, sikap, keterampilan, serta karakter dan kepribadian yang luhur. Semakin tinggi gelar akademik yang anda raih, diharapkan semakin tinggi pula kualitas sikap dan kepribadian yang terbentuk sebagai insan yang terdidik dan terpelajar. Hal ini sejalan dengan semangat UNIKS, yang tidak hanya konsen menghasilkan lulusan yang baik secara akademik saja, tapi juga dibarengi dengan sikap yang baik, kepribadian yang anggun dan berbudaya serta dibekali dengan nilai-nilai keagamaan yakni islami. Artinya UNIKS memadukan dan menselaraskan antara ilmu pengetahuan dan teknologi yang terintegrasi dengan Islam”, imbuhnya.

Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes menyatakan untuk mewujudkan itu semua, tentunya tidak terlepas dari peran pihak lainnya, yakni YPTIKS sebagai yayasan yang manaungi UNIKS, pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau serta tidak terlepas dari bimbingan dan pembinaan dari Kepala LLDIKTI Wiyalah X (Riau, Jambi, Sumbar dan Kepri), Pemerintah Pusat, serta pihak swasta dan mitra kerja lainnya. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan menduking untuk kemajuan UNIKS yang lebih baik.

“Pada hari ini, tepatnya tanggal 13 September, merupakan hari Miladnya UNIKS yang ke IX. Dihari Milad UNIKS ini, tentu banyak doa serta harapan yang kita munajatkan kepada Allah SWT untuk kemajuan UNIKS yang lebih baik, menjadi universitas unggul dan menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi, Provisni Riau. Semoga kampus UNIKS menjadi kampus yang makin terbilang, gemilang dan cemerelang dimasa akan datang. Dengan kita saling membangun, saling bersinergi, saling bersatu, sebangun-seruang dan seiya-sekata. Insyaallah cita-cita mulia ini akan teruwud”, tambahnya.

Ketua Dewan Pembina YPTIKS Prof. Suwardi MS dalam sekapur sirihnya menyampaikan selamat Milad UNIKS Ke IX serta mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kemajun UNIKS.

“Selamat Milad UNIKS Ke IX, semoga UNIKS menjadi kampus unggul”, ucapnya.

“Terbentuknyanya UNIKS tidak terlepas dari tiga gabungan sekolah tinggi serta rasa semangat untuk memiliki universitas di Kabupaten Kuantan Singingi. UNGGUL, dapat diartikan sebagai ciri khas, salah satunya membuka Prodi yang tidak ada di Provinsi Riau atau di Pula Sumatera sebagaimana yang telah kita lakukan, inilah UNIKnya UNIKS. Kedepannya UNIKS akan memiliki keunggulan sesuai jargonnya”, imbuhnya.

“Saya mengucapkan terimakasih atas segala jasa segala pihak yang membantu UNIKS untuk maju dan menjadi UNGGUL”, tutupnya.

Plt. Bupati Kabupaten Kuantan Singingi melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir. H. Maisir pada arahannya juga mengucapkan selamat Milad UNIKS Ke IX dan menegaskan pentingnya akreditasi bagi universitas serta ia juga menyampaikan UNIKS merupakan asset pendidikan yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi untuk mencetak generasi muda yang intelektual, berbudaya dan islami.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, mengucapkan selamat Milad UNIKS Ke IX. Semoga UNIKS semakin terbilang, cemerlang dan gemilang dimasa akan datang”, ucapnya.

“Penting bagi universitas akan akreditasi, sebab ini juga menambah kepercayaan masayarakat dalam menentukan pilihan melanjutkan pendidikan tinggi. Alhamdulillah UNIKS saat ini akreditasi institusinya sudah BAIK serta dari 12 Prodi 8 terakredita B dan 4 Prodi terakreditasi BAIK”, sampainya.

“Saya juga berharap kepda mahasiswa baru Tahun Akademik 2022/2023, serius dalam mengikuti kegiatan PKKMB ini”, harapnya.

“UNIKS merupakan asset pendidikan yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi untuk mencetak generasi muda yang intelektual, berbudaya dan islami da untuk itu Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi siap membantu dan bersinergi untuk kemajuan UNIKS”, tutupnya.

Kegiatan PKKMB 2022 dilanjutkan dengan penyampain materi oleh Kepala LLDIKTI Wiyalah X (Riau, Jambi, Sumbar dan Kepri) Afdalisama, SH., M.Pd tentang Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia diteruskan oleh Ketua YPTIKS Prof. Dr. H. Zulfan Sa’am mengenai Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0.

Peserta PKKMB 2022 setelah penyampaian materi, menuju fakultas masing-masing kegiatan diserahkan kepada pihak fakultas dengan rangkain acara : perkenalan fakultas, prodi, organisasi mahasiswa (ormawa) fakultas dan prodi. (INF)



Tulis Komentar