Demonstrasi Anarkis

BSSN: Ada Yang Memanasi Situasi Agar Rusuh Terus di Papua

Ilustrasi BSSN. (Foto: net/anews)

JAKARTA, ANEWS - Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian menyatakan, ada pihak yang sengaja memanfaatkan kerusuhan di Papua Barat dan Papua yang bermula dari insiden di Surabaya dan Malang.

Mereka sengaja memperpanas situasi sehingga kerusuhan terus berlanjut.

"Jadi khusus untuk masalah Papua, saya lihat di situ dan sangat nyata saya bisa lihat dari hasil monitor kami, memang ada kelompok-kelompok tertentu juga memanfaatkan insiden yang ada di Surabaya maupun di Malang," ujar Hinsa di Gedung BSSN, Ragunan, Jakarta, seperti dilansir dari laman CNN Indonesia, Jumat (23/8/2019).

Kelompok tersebut juga memanas-manasi masyarakat Papua dan Papua Barat dengan menyebarkan berita hoaks sehingga kerusuhan di sana terus bergejolak. 

Hinsa mengatakan, kelompok tersebut memang sengaja menyulut amarah masyarakat Papua.

Namun, ia menyatakan menyerahkannya sepenuhnya hal tersebut kepada penegak hukum untuk menyelidiki dan menindak.

Hinsa juga mengatakan, sedianya unjuk rasa adalah hal yang diperbolehkan, tetapi tidak secara anarkistis.

Ia pun meminta masyarakat Papua tak mudah terpancing dengan hoaks yang sengaja disebarkan oleh kelompok yang tak bertanggung jawab.

"Ke depan yang saya inginkan kepada masyarakat, jangan terlalu cepat percaya. Di era sekarang siapapun bisa membuat berita," ucap dia.

Sebelumnya, terjadi kerusuhan massa di Papua dan Papua Barat sebagai buntut insiden kasus persekusi dan tindakan rasisme terhadap mahasiwa asal Papua di Surabaya, Jawa Timur.

Kericuhan terjadi di Manokwari dan Sorong pada Senin (19/9/2019) serta Fakfak, dan Timika, Rabu (21/8/2019).

Di Manokwari, kerusuhan menyebabkan terbakarnya Gedung DPRD. Massa juga memblokade sejumlah titik jalan. Di Timika, demonstran melempar batu ke arah Gedung DPRD setempat.

Sementara itu, di Jayapura terjadi unjuk rasa memprotes insiden di Surabaya. Unjuk rasa sempat memanas meski tak berujung rusuh. (cnni/zet)



Tulis Komentar