Daerah

Afrizal Sintong, Bupati Baru Rokan Hilir yang Kaya Prestasi

Afrizal Sintong, Bupati Rokan Hilir periode 2021-2026. (F:LEK/ANEWS)

BAGAN SIAPI-API (ANEWS) - Afrizal Sintong sosok Bupati Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau yang baru, dikenal dekat dengan masyarakat. Ia merupakan putra asli daerah yang memiliki keinginan besar untuk membuat perubahan yang lebih baik kedepannya, ternyata sosok ramah ini memiliki prestasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Baru-baru ini, Afrizal Sintong menjadi sorotan serius bagi kalangan insan pers yang mana saat ini pemberitaan tentang dirinya yang kaya akan prestasi di Universitas Terbuka (UT). Informasi ini sudah tersebar dari berbagai media lokal hingga nasional.

Afrizal yang juga akrab disapa Epi Sintong semakin dikenal dan semakin populer di tengah masyarakat setelah beliau berhasil memenangkan Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) Rokan Hilir pada tahun 2020 dengan mengalahkan tiga pasangan lainnya.

Latar Belakang Tempat Tinggal Bupati Rokan Hilir yang Baru

Desa Sintong merupakan salah satu desa terletak di Kecamatan Tanah Putih merupakan tempat kelahiran Afrizal Sintong pada 15 Juni 1976 silam. Sampai saat ini pun Afrizal Sintong masih menetap di Desa Sintong Bakti, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rohil. 

Walaupun riwayat pendidikannya ada pro kontra ketika itu, karena tidak menyelesaikan pendidikan formalnya di bangku sekolah, tapi berbekal ijazah paket C diperolehnya pada Tahun 2014 melalui PKBM Primatrain, ia telah mengukir banyak prestasi. Bahkan, Afrizal Sintong punya sederet prestasi yang luar biasa.

Afrizal Sintong ini juga aktif di berbagai organisasi, baik organisasi di tingkat desa, kecamatan maupun sampai organisasi tingkat kabupaten. Beberapa organisasi yang pernah beliau besarkan sebagai : 

- Ketua Ikatan Kontraktor Migas Rohil 2004-2010

- Ketua Yayasan Peduli Lingkungan dan Hutan Indonesia 2010-2013 

- Panglima Laskar Melayu Rokan Hilir 2016

Hebatnya, sekarang beliau tercatat juga sebagai mahasiswa berprestasi di Universitas Terbuka dengan NIM : 020644055, program studi 71 / Ilmu Pemerintahan. Dengan rincian kode MTK ADPU4334 dengan Nama MTK Kepemimpinan SKS 3, Nilai A, dan Mutu 120.

Kemudian, kode MTK IPEM4208, Nama MTK Sistim Pemerintahan Desa, SKS 2, Nilai A, dan Mutu 8,0. Selanjutnya kode MTK IPEM4321, Nama MTK Hukum Tata Pemerintahan, SKS 3, Nilai A, Mutu 1, 20. Selanjutnya kode MTK IPEM4500, nama MTK Tugas Akhir Program (TAP), SKS 4, Nilai A, dan Mutu 14,0. Seterusnya, kode MTK ISIP4212, nama MTK Pengantar Ilmu Politik, SKS 3, Nilai A, dan Mutu 12,0. Terakhir, kode MTK ISIP4310, Nama MTK Sistim Ekonomi Indonesia, SKS 3, Nilai A, dan Mutu 10,5.

Tentunya dengan prestasi dimiliki Afrizal Sintong, membuat masyarakat Rohil berharap di bawah kepemimpinan beliau dapat meningkatkan kesejahteraan, Sumber Saya Manusia (SDM) serta kesempatan bekerja di perusahaan yang ada di wilayah Rohil.

Terkait hal tersebut diatas, Afrizal Sintong selaku Bupati Rohil terpilih, saat dikonfirmasi pada Senin (22/2/2021) tidak menampik hal tersebut diatas.

"Saya ingin masyarakat Rohil mendukung program yang saya buat bersama jajaran saya nanti, sehingga daerah Rohil yang kita cintai ini bisa semakin lebih berjaya kedepannya," harapnya. (*/LEK)

 

 



Tulis Komentar