Daerah

Siak Terima Penghargaan Kabupaten Terbaik dalam Penyediaan Akses Keuangan di Wilayah Terpencil

Bupati iak Alfedri saat menerima penghargaan untuk Kabupaten Siak sebagai Kabupaten Terbaik dalam Penyediaan Akses Keuangan di Wilayah Terpencil. (F:ist-ANEWS)

SIAK (ANEWS) - Kabupaten Siak menerima penghargaan sebagai kabupaten terbaik dalam penyediaan akses keuangan di Wilayah terpencil. Penyerahan penghargaan itu, diakukan pada rapat kerja nasional TPAKD (tim percepatan aksas keuangan daerah) Award tahun 2021. Acara berlangsung di Grand Hyatt Jakarta, Kamis (16/12/2021).

"Hari ini Siak menerima penghargaan kabupaten terbaik dalam penyediaan akses keuangan. Pada Rakor TPAKD Award yang di serahkan langsung oleh Menteri Koperasi, dan UKM. Kami mengucapkan terimakasih kepada Camat dan Kampung Muara Kelantan yang mampu memberikan kemudahan bagi warganya dalam mengaksas keuangan, sehingga di tetapkan oleh OJK Propinsi Riau sebagai Desa inklusi,"ujarnya.

Penghargaan ini satu-satunya di Sumatera yang di raih kabupaten Siak, sebagai Kabupaten terbaik dalam penyediaan Akses Keuangan di Wilayah Perpencil, yang di raih Siak di susul kabupaten/kota Tebing Tinggi Sumatera Utara. 

Program Desa inklusi Kampung Muara Kelantan Kecamatan Mandau ini, merupakan binaan OJK Riau dan kerjasama Bank Riaukepri. Tujuan program kampung inklusi keuangan ini dalam rangka mempercepat akses keuangan masyarakat kepada lembaga keuangan formal.

"Dengan program desa Inklusi ini, kita harapkan dapat mengangkat perekonomian masyarakat di daerah. Harapan kita tidak hanya di satu kampung ajak,  tapi bias diikuti kampung lain,"pintanya.
 
Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Riau  Muhamad Lutfi mengatakan di tetapkanya kampung Muara Kelantan sebagai desa Inklusi

"Alhamdulillah, kabupaten Siak terpilih sebagai desa terpencil yang tingkat ingklusinya tinggi dari seluruh kabupaten yang ada Riau. Kabupaten Desa Muara Kelantan itu tingkat ingkluainya 70 persen di atas kabupaten lain,"kata dia. 

Lanjutnya, OJK Riau mendorong desa lain, yang ada di Riau agar meningkatkan aksen keuangannya. Harapannya bisa meningkatkan  ekonomi di daerah. 

"Makanya Award tadi sebagai desa terpencil yang tingkat inklusi nya tinggi. Ini satu apresiasi yang luar biasa, kami dari OJK Riau mendorong untuk di cangkok dan di terapkan di desa desa lain yang ada di Riau,"ucapnya.(INF)



Tulis Komentar