Pendidikan

Masrul Hakim Doktor yang ke-371 dari UIN Suska Riau

Dr. Masrul Hakim M.Pd. dalam Sidang Promosi Doktor (Ujian Terbuka) di gedung Pasca sarjana UIN SUSKA Riau Jalan Pelajar Sukajadi Pekanbaru Sabtu, (25/5/2024). (F:HRZ/ANews)

PEKANBARU (ANews) - Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim ( UIN Suska) Riau kembali melahirkan seorang Doktor yang ke 371 yaitu Dr. Masrul Hakim M.Pd. di gedung Pasca sarjana UIN SUSKA Riau Jalan Pelajar Sukajadi Pekanbaru Sabtu, (25/5/2024).

Putra ke 4 dari 5 bersaudara pasangan bapak Yahya dan Ibu Khairani asal Kecamatan Hulu Kuantan ini berhasil menyandang gelar Dokor dengan Indek Prestasi  Komulatif (IPK) 3,85 dengan predikat Cumlaude. Dengan judul Desertasi: "Pengaruh pemanfaatan media komik online berbasis webtoon terhadap profil pelajar pancasila dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri Kabupaten Kuantan Singingi".

Para tim penguji antara lain : Prof.Dr. H. Hairunas, M.Ag., Dr.Sohiron, M.Pd.I., Prof.Dr.H.Amroeni Drajat, M.Ag., Prof.Dr. H. Ilyas Husti, MA., Prof.Dr. Asmal May, MA., Dr. Zamsiswaya, M.Ag., Dr. Khairil Anwar, MA.

Masrul Hakim dinyatakan berhak menyandang gelar Doktor setelah melalui tes para penguji di hadapan publik secara terbuka dan berhasil dengan mayakinkan menjawab pertanyaan - pertanyaan yang dilontarkan oleh para tim penguji dari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau tersebut.

Setelah dinyatakan Lulus dan diberikan Toga Doktor yang dipasangkan langsung oleh Direktur Pasca Sarjana UIN Suska Riau, Prof. Dr. H. Ilyas Husti, MA.

" Hari ini adalah hari bersejarah bagi Masrul Hakim dan keluarga, karena beliau adalah Doktor ke 371 yang dilahirkan oleh Pasca Sarjana UIN Suska Riau," terang Ilyas Husti.

Masrul Hakim mengucapkan rasa syukur dengan menyebut Alhamdulillah serta mengucapkan rasa terimakasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah membantunya dalam mendapatkan gelar Doktor ini.

"Alhamdulillah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dan terimakasih kepada ibu bapak, istri, anak-anakku, para tim penguji, Promotor Civitas Akademik UIN SUSKA Riau serta Bapak Bupati Kuantan Singingi, Dr. H. Suhardiman Amby, Ak., M.M yang telah mendukung penuh, para tokoh masyarakat Kuansing, sahabat serta rekan sekantor di Pemkab Kuantan Singingi dan juga handai taulan yang hadir dipagi ini yang tak dapat saya sebutkan satu persatu," ucap Masrul.

Lanjut Masrul, " Semua punya peran dalam keberhasilan saya dalam melanjutkan studi hingga mendapat gelar Doktor ini."  

"Saya bisa berdiri di hadapan kalian semua karena sudah melalui banyak perjuangan yang tentu perlu pengorbanan terutama orangtua saya dari saya kuliah mulai dari jenjang Strata satu(S1) hingga Doktor, saya tidak tahu bagaimana kerja keras mereka di kampung hingga bisa menyekolahkan saya di kota Pekanbaru ini. Begitu juga Istri dan anak-anakku yang telah ikut mensupport penuh agar saya bisa mencapai impian ini," urai Masrul dengan suara serak dan mata yang berkaca-kaca.

Setelah pemasangan Toga dan secara resmi dibacakan Surat Keputusan Kelulusan Dr. H. Masrul Hakim., M.Pd. oleh Direktur Pasca Sarjana UIN Suska Riau, kemudian ditutup dengan acara salaman para tamu dan keluarga memberikan ucapan selamat dan serta sesi foto bersama para kerabat.(HRZ/ ANews)



Tulis Komentar