Enam CALON PETAHANA

34 Paslon Adu Nasib di Riau

Ilustrasi. (Int/ANews)

Pekanbaru (ANews) - Sebanyak 34 pasang calon adu nasib di Riau dalam perhelatan pilkada serentak di sembilan kabupaten-kota. Dari sembilan kabupaten-kota ini sebanyak empat diantaranya diikuti oleh calon petahana.

Sebut saja di Kabupaten Kuantan Singingi, dua sekondan yang sebelumnya berduet, Mursini dan Halim pada pilkada serentak 2020 berpisah memilih nasib masing-masing. Mursini maju berpasangan dengan Indra Putra, sedangkan Halim maju berpasangan dengan Komperensi anggota DPRD Riau.

Di Kabupaten Siak, Alfedri maju berpasangan dengan Husni. Dan di Kabupaten Rokan Hulu, H Sukiman berpasangan dengan H Indra Gunawan. Calon petahana lain yang tetap mempertahankan pasangannya pada Pilkada serentak 2020 ini adalah pasangan H Suyatno dan Djamiludin yang maju di Pilkada Rokan Hilir.

Menariknya pada perhelatan ini juga ada calon yang berasal dari trah kepemimpinan sebelumnya. Kasmarni, istri mantan Bupati Bengkalis Amril Mukminin maju berpasangan dengan mantan anggota DPRD Riau dua periode Bagus Santoso.

Di Kabupaten Indragiri Hulu, Bupati Yopi Arianto lebih mengusung istrinya Rezita Meylani Yopi maju berpasangan Junaidi Rachmat, Rajut demikian mereka mengusung jargon kampanyenya.  

Berikut sebagian data dari 34 calon yang maju di Pilkada serentak 2020, selain Alfedri-Husni juga ada pasangan Arif Fadillah-Sujarwo dan Said Assegaf-Reni.

Di negeri para raja, Indragiri Hulu adalah perhelatan demokrasi yang paling meriah diikuti oleh lima paslon selain istri Yopi Arianto diantaranya Rizal Zamzami-Yoghi Susilo (Ridho), Siti Aisyah-Agus Rianto (Syi'ar), pasangan Nurhadi-Toni Sutianto (Nurani) dan pasangan Wahyu Adi-Supriati (BWS). 

Di Kabupaten Kuantan Singingi Andi Putra - Suhardiman Amby (ASA), Bapaslon Halim - Komperensi, Mursini - Indra Putra

Di tanah jantan, Kabupaten Kepulauan Meranti, ada tiga pasang calon yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti

Yakni, Hery Saputra - M Khozin, M Adil-Asmar dan Mahmuzin Taher - Nuriman Khair. Sementara pasangan Said Hasyim -  Abdul Rauf akan ditunda sampai dengan hasil tes swab Abdul Rauf sudah dinyatakan negatif.

Di negeri seribu kubah, Kabupaten Rokan Hilir, selain calon petahana pada pilkada serentak ini diikuti empat paslon yakni Bupati Afrizal Sintong dan Calon Wakil Bupati H.Sulaiman,SS,MH yang diusung oleh Partai Nasdem,PKB dan Partai Berkarya.

Pasangan Calon Bupati H.Asri Auzar dengan pasangan Calon Wakil Bupati H.Fuad Ahmad,SH,Yang diusung oleh Partai Demokrat,Partai Golkar,Partai Herindra,Partai PPP.

Serta pasangan Calon Bupati Cutra Andika,SH,dan Calon Wakil Bupati Muhammad Rafik,Yang diusung oleh Partai Hanura dan Partai PKS. 

Di Kabupaten Bengkalis, KPU Bengkalis telah menetapkan 
empat pasang calon tersebut di antaranya, Kasmarni-Bagus Santoso (KBS), Abi Bahrun-Herman (AMAN), Kaderismanto-Iyeth Bustami (KDI) dan Indra Gunawan Eet-Samsu Dalimunte (ESA).

"Alhamdulillah, ke empat calon tersebut sudah melengkapi persyaratan administrasi setelah dilakukan penelitian dokumen sebagai kontestan di Pilkada Bengkalis, " ungkap Ketua KPU Bengkalis Fadhillah.

Di Kota Dumai, juga diikuti empat paslon, diantaranya H Paisal SKM MARS dan Amris SSy yang diusung oleh koalisi Partai Nasional Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Pasangan H Edi Sepen, SPdI dan H Zainal Abidin SH yang diusung koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Kemudian pasangan Hendri Sandra SE dan Dr H Muhammad Rizal Akbar, S.Si,M.Phil yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Terakhir pasangan Eko Suharjo SE dan Syarifah SH yang diusung koalisi Partai Demokrat, Partai Golkar dan Partai Hanura.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu, resmi menetapkan tiga pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Rohul masing-masing Sukiman- Indra Gunawan, Hafith Syukri-Erizal dan Hamulian-Sahril Topan sebagai Pasangan Calon yang akan berkompetisi pada Pilkada Rohul 2020.

Rapat pleno dengan agenda penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Rohul di Aula kantor KPU berlangsung dengan jumlah terbatas dan hanya dihadiri unsur Komisioner KPU dan Bawaslu, Rabu (23/9/2020).

Sebelum ditetapkan sebagai pasangan calon, Ketua KPU Rohul didampingi 4 Komisioner KPU, terlebih dahulu membacakan Berita Acara hasil Penelitian dan Verifikasi Berkas Syarat Pencalonan dan Syarat Calon termasuk berkas perbaikan syarat yang sudah diserahkan ketiga bakal pasangan calon.

KPU Pelalawan menggelar rapat pleno tertutup dan menetapkan empat paslon peserta Pilkada Pelalawan mendatang.

Terakhir di Kabupaten Pelalawan, telah ditetapkan empat paslon peserta Pilkada Pelalawan.

Paslon pertama adalah, calon bupati H Zukri dan Calon Wakil Bupati H Nasarudin SH MH. Partai politik atau gabungan partai pengusung adalah PDI Perjuangan, PKB dan PPP. Total jumlah kursi 10 kursi.

Paslon kedua Bupati Abu Mansyur Matridi SE dengan Calon Wakil Bupati Habibi SH. Partai politik atau gabungan partai pengusungnya Hanura, PAN dan PKS. Jumlah kursi 9 kursi.

Selanjutnya, adalah Calon Bupati Husni Thamrin SH dan Calon Wakil Bupati DR Ir H Tengku Edy Sabli MSi. Partai politik atau gabungan partai pengusungnya Gerindra dan Demokrat. Jumlah kursi 7 kursi.

Keempat Calon Bupati Adi Sukemi ST MM dan Calon Wakil Bupati Muhammad Rais MPdi. Partai politik partai pengusung Golkar. Jumlah kursi 9 kursi. (RMH)
 



Tulis Komentar