Daerah

'Safe Moms dan Forum GenRe Siak' Kolaborasi Pengenalan Pendidikan Seks Siswa SMA/SMK di Siak

Kegiatan pengenalan pentingnya pendidikan seks sejak dini di kalangan remaja siswa SMA/SMK di Siak yang digelar 'Safe Moms dan Forum GenRe Siak'. (Ft.dok/ANews)

Siak Sri Indrapura (ANews) - Komunitas 'Safe Moms dan GenRe Siak' berkolaborasi melaksanakan kegiatan pengenalan tentang pentingnya pendidikan seks pada anak sejak dini, khususnya pada remaja yang sedang melewati masa-masa pubertas. 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan penuh meriah dan bersifat ramah remaja di Taman SMA Negeri 1 Siak, Ahad (14/11/2020).

Tim Safe Moms yang diketuai Ali Syahbansa sekaligus merupakan Duta GenRe Riau Putra 2020 turut hadir dalam melaksanakan kampanye serta pengenalan tentang pentingnnya pendidikan seks sejak dini di Kabupaten Siak itu. 

Tidak hanya Ali, perwakilan dari PIK (Pusat Informasi dan Konseling) yang ada di Pekanbaru juga datang untuk mensukseskan program Sex Education demi memberikan pembekalan kepada remaja agar terhindar dari perilaku seks bebas dan penyakit menular seksual.
 
“Kegiatan kita juga didukung oleh PIK Remaja yang ada di Pekanbaru. Program ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilaksanakan secara berkelajutan karena sangat bagus untuk anak dan remaja di Indonesia. Apalagi kita akan menikmati bonus demografi dimana remaja lah yang akan mengambil peran untuk memajukan bangsa," kata Ali. 

Sex education, tambah Ali, bukan berarti mengajarkan cara berhubungan badan, melainkan mengajarkan tentang alat reproduksi, fungsi alat reproduksi dan segala macamnya. "Harapannya dengan digelarnya acara ini mereka terbekali sehingga mereka tahu bagaimana cara menjaga dan menghargai diri mereka sendiri”, kata Ali.
 
Dijelaskan, kegiatan ini juga mendapat apresiasi dan dukungan dari BKKBN Provinsi Riau, karena kegiatan yang dilaksanakan juga selaras dengan program tujuan dari BKKBN itu sendiri.

Kegiatan ini sangat didukung dan sangat disambut antusias oleh para peserta yang diantara mereka kebanyakan adalah siswa SMA/SMK yang ada di Kabupaten Siak.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan adik-adik GenRe dalam mempromosikan tentang pentingnya pendidikan seks buat remaja. Namun yang saya tekankan, di tengah pandemic seperti ini tetap patuhi protocol kesehatan, seperti pembatasan jumlah peserta, selalu menggunakan masker dan membawa handsanitizer serta menjaga jarak dan tidak lupa mencuci tangan," ungkap Dewi selaku Pembina GenRe provinsi Riau.

Ditambahkan, kondisi pandemi saat ini yang menyebabkan terjadinya perubahan tatanan hidup baru, diharapkan masyarakat juga mulai peduli untuk memutus mata rantai dan pencegahan penyebaran Covid-19 dimulai dari diri sendiri, seperti rajin cuci tangan, menggunakan masker saat keluar rumah, jaga jarak dengan orang sekitar saat berinteraksi. (rls/ZET)



Tulis Komentar