Daerah

Menguap Dugaan Pungli di Batang Gansal

Berita acara kesepakatan iuran perbaikan jalan akses penghubung masyarakat Desa Belimbing – Penyaguhan. (F:FRS/ANEWS)

INDRAGIRI HULU (ANEWS) – Disinyalir ada dugaan pungutan liar (pungli) yang dilakukan oknum Kecamatan Batang Gansal. Terkait pungutan dana ini masyarakat meminta kepada pihak Aparat Penegak Hukum (APH) untuk segera menindaklanjutinya.

Ali Amsar mewakili masyarakat setempat, kepada awak media Ahad (21/2-2021) mengatakan, belum lama ini tercium kebijakan Camat Batang Gansal yang membebankan sejumlah perusahaan dan toke sawit untuk membayar iuran jalan sebagai akses penghubung masyarakat Desa Belimbing-Penyaguhan.

Menurutnya dengan berdalih iuran untuk kebutuhan perbaikan jalan itu, perlu dipertanyakan. Karena kebijakan tersebut, seharusnya dilakukan musyawarah terlebih dahulu dengan berbagai pihak.

"Apakah pihak Camat ada melibatkan para tokoh pemuda, masyarakat, perangkat desa yang ada di dua desa, atau melibatkan Forum Kordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam)?," sebutnya dengan nada bertanya.

Seperti diketahui lanjut Ali Amsar, di surat berita acara, yang tampak hanya sejumlah managemen pengusaha, Toke sawit tanpa ada melibatkan tokoh lain yang seharusnya diundang dari dua desa tersebut.

"Jika tidak ada melibatkan itu, otomatis masyarakat bertanya-tanya. Sebab ini kan masalah uang, yah nama uang harus jelas,” tukasnya.

Secara terpisah menanggapi hal ini Edi Juanda salah satu Manager PT. SIR membenarkan perusahan membayar iuran seperti yang sudah disepakati dalam berita acara.

"Benar, pihak perusahaan membayar iuran untuk jalan untuk perbaikan jalan. Adapun besaran iuran itu, berdasarkan hasil kesepakatan sebesar Rp27.000 perhektar. Artinya perusahaan dan lainnya membayar sesuai luasan lahan yang di tetapkan Camat Batang Gansal,” jawab Edi Juanda.

Sebelumnya Camat Batang Gansal H Elinariyon membenarkan adanya iuaran dari perusahaan. Iuran itu digunakan untuk perbaikan akses jalan tali kawat (Belimbing-Penyaguhan) yang mencapai 17 kilometer, bahkan lebih,” pungkasnya. (FRS)

 

 

 

 

 

 



Tulis Komentar