Daerah

Palma Satu Kembali Mangkir Hearing ke 2, Dewan Sesali

Hearing kedua PT. Palma Satu melalui panggilan Komisi II DPRD Kabupaten Indragiri Hulu, namun perusahaan tetap mangkir. (F:FRS/ANEWS)

INDRAGIRI HULU (ANEWS) - PT Palma Satu untuk kedua kalinya tidak memenuhi panggilan DPRD Kabupaten Indragiri Hulu. Pemanggilan terkait lahan Desa Paya Rumbai Kecamatan Seberida, seluas 1.144 hektar yang di duduki perusahaan yang saat ini sedang dipersoalkan.

Pengabaian ini disesalkan Chandra Saragih SE, anggota Komisi II DPRD Kabupaten Indragiri Hulu pada awak media Senin (1/3-2021).

Dikatakan, pemanggilan satu, dua diabaikan, DPRD akan panggil perusahaan untuk yang ketiga kalinya. "Kita kembali mengundang instansi terkait dan perwakilan masyarakat dan melibatkan langsung Forum Komunikasi Pimpinan Daerah ( Forkopimda )," ucapnya.

Jika pihak Palma Satu tetap mangkir dalam pemanggilan ketiga ini, maka rapat hanya akan memberikan kesimpulan. "Hasil rapat nanti akan di simpulkan bersama” tegas Chandra dan mengakui belum menentikan waktu panggilan selanjutnya.

Sebelumnya Kepala Desa Paya Rumbai, Yuspadillah mengatakan, berdasarkan petunjuk SK Bupati Indragiri Hulu No.90 Tahun 2007, awalnya seluas 14.144 hektar. Namun direvisi menjadi 10.000 hektar sesuai SK No.180 Tahun 2010.

Maka dari awal 14.144 hektar setelah direvisi menjadi 10.000 hektar itu, otomatis 4.144 hektar harus di luar aktifitas perusahaan. Sebab dari 4.144 hektar tersebut, seluas 3.000 hektar masuk wilayah Desa Penyaguhan Kecamatan Batang Gansal, dan 1.144 hektar masuk wilayah Seberida. "Lahan itulah yang dituntut masyarakat Desa Paya Rumbai hingga saat ini," tukasnya.

Dalam hering kedua atau pasca tuntutan lahan masyarakat Desa Paya Rumbai Kecamatan Seberida itu, difasilitasi langsung Chandra Saragih SE, Martimbang Simbolon, Rusmanyatim, Syahrial dan Mulya Eka Maputra dari komisi II DPRD Kabupaten Indragiri Hulu.

Selain itu hadir Camat Seberida Roma Doris, Kabag Tata Pemerintahan dan Pertanahan di Sekda Kabupaten Indragiri Hulu Fhacrurazi, Perwakilan Masyarakat dan Kepala Desa Paya Ruambai Yuspadillah. (FRS)

 

 

 

 

 

 



Tulis Komentar