Daerah

Dukung Program Penanganan Banjir Pelindo 1 Dumai Gesa Normalisasi Drainase di Kawasan Pelabuhan

Dukung pemerintah atasi banjir, dalam waktu dekat ini Pelindo akan menggesa normalisasi saluran drainase di kawasan Pelabuhan Dumai. (F:ZUL/ANEWS)

DUMAI (ANEWS) - PT Pelindo 1 Cabang Dumai ikut mendukung program mengatasi banjir di Kota Dumai. Dalam waktu dekat ini Pelindo akan menggesa normalisasi saluran drainase di kawasan Pelabuhan Dumai.

"Pendangkalan drainase menjadi salah satu variabel masalah banjir di kota Dumai, makanya kita akan segera melakukan normalisasi di seluruh drainase yang ada di kawasan pelabuhan," kata GM PT Pelindo 1 Cabang Dumai Jonedi Ramli mendampingi Wakil Walikota Dumai, Amris SSy saat meninjau kondisi drainase di kawasan Pelabuhan Dumai Selasa (2/3) lalu.

Dikatakan Jonedi pihak Pelindo siap bersinergi dengan pemerintah kota Dumai dalam menjalankan program penanganan banjir. Dia berharap kegiatan normalisasi tersebut akan mempercepat atau memperlancar pembuangan air ke laut 

Di kawasan Pelabuhan Dumai terdapat tujuh saluran drainase tembus ke laut diantaranya terdapat di Jalan Pattimura, Jalan Tenaga, Jalan Kamboja, Jalan Teratai, Jalan Hang Tuah, Yos Sudarso dan Bea Cukai Dumai.

"Untuk di seluruh kawasan pelabuhan kita upayakan seluruhnya (drainase, red) tidak ada yang tersumbat," tukas Jonedi.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Dumai Amris mengatakan kegiatan normalisasi drainase bagian dari upaya untuk mengatasi masalah banjir di kawasan perkotaan terutama kawasan Kelurahan Bintan, Sukajadi dan Dumai Kota.

"Banyak drainase tidak berfungsi sempurna karena mengalami pendangkalan akibat sendimentasi endapan lumpur, makanya normalisasi ini kita pandang perlu segera untuk dilakukan," ujar Wawako Amris.

Wawako juga mengapresiasi dukungan Pelindo Dumai dalam mengatasi masalah banjir di kota yang berpenduduk 300 ribu jiwa lebih ini.

Selanjutnya Wakil Wali Kota juga mengimbau kepada warga untuk meningkatkan kesadaran terhadap kebersihan lingkungan salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi di selokan.

"Kondisi drainase di kawasan pelabuhan cukup baik, namun demikian kesadaran lingkungan harus dilakukan secara bersama termasuk juga dukungan dari masyarakat, dengan tidak lagi membuang sampah sembarangan, agar masalah banjir ini dengan cepat bisa kita atasi," harapnya. (ZUL)



Tulis Komentar