Daerah

Tiga Piagam Rekor Muri Berhasil Diraih "Riau Berdonor Gerakan 3000 Kantong Darah Ramadhan"

Gerakan 3.000 kantong Darah Ramadan yang diselenggarakan Relawan Covid-19 Riau bekerja sama dengan UTD PMI Kota Pekanbaru berhasil memecahkan catatan Museum Rekor Indonesia (MURI). (F: MCRiau-ANEWS)

PEKANBARU (ANEWS) - Kegiatan donor darah dengan tema Riau Mendonor, Gerakan 3.000 kantong Darah Ramadan yang diselenggarakan Relawan Covid-19 Riau bekerja sama dengan UTD PMI Kota Pekanbaru berhasil memecahkan catatan Museum Rekor Indonesia (MURI) sehingga berhasil meraih piagam rekor MURI.

Terdapat tiga piagam rekor MURI yang diserahkan dalam kegiatan tersebut, yaitu kepada Relawan Covid-19 Riau yang diwakili oleh Toni, Pemerintah Kota Pekanbaru yang diterima langsung oleh Wali Kota Pekanbaru Firdaus, dan Pemerintah Provinsi Riau yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir.

Senior Manager MURI, Awan Raharjo saat menyerahkan langsung piagam tersebut menyampaikan bahwa pencatatan rekor ini terdapat dalam kategori donor darah dan donor plasma konvalesen terbanyak masa pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Perkenankan dengan segala kerendahan hati, pimpinan MURI menganugerahkan piagam pada hari ini atas kegiatan donor darah dengan tema Riau Mendonor, Gerakan 3.000 kantong Darah Ramadan," katanya di Furaya Hotel Pekanbaru, Jumat (26/3/21).

Awan menyebutkan, tahun lalu MURI juga sempat memberikan piagam penghargaan dalam kategori donor darah. Mengulang hal itu, dalam rangka mendukung ketersediaan darah bagi masyarakat khususnya menyambut bulan suci Ramadhan pada masa pandemi Covid-19 serta mendukung program nasional donor plasma konvalensi, relawan Covid-19 berhasil menyelenggarakan kegiatan ini dengan memecahkan pencatatan rekor sebelumnya.

Segenap jajaran relawan Covid19 Riau dan seluruh organisasi yang tergabung di dalamnya telah berhasil mengajak masyarakat untuk mau mendonorkan darah dan plasma konvalensi dengan menyelenggarakan sebuah gerakan ataupun Riau mendonor 3000 kantong darah yang dilaksanakan pada tanggal 21-27 Maret.

"Berkat kegiatan tersebut, sekarang sudah mampu menghimpun dan mengajak masyarakat untuk berdonor lebih kurang 4.000 kantong darah dan telah berhasil melebihi catatan MURI sebelumnya," ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut, ungkapnya, telah menggambarkan semangat MURI yaitu menggelorakan semangat nasional, serta mengajak masyarakat Indonesia untuk maju dan membangun Indonesia di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Ia juga mengajak seluruh pihak terutama Relawan Covid19 Riau untuk terus berkiprah, terus menginspirasi segenap insan Indonesia dan meyakinkan masyarakat bahwa Indonesia mampu bangkit dan mampu melewati situasi yang telah melanda tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia.

"Peristiwa pencatatan donor darah ini masih berlangsung sore hari ini dan ini juga telah mampu memecahkan rekor, oleh karenanya menyiasati rasa bangga itu perkenankan MURI mencatatnya kembali superlatif ini sebagai peristiwa rekor MURI," tutupnya. (*)



Tulis Komentar