Nasional

Kilang Minyak Pertamina Balongan terbakar, 21 Orang Terluka

INDRAMAYU (ANEWS) - Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin (29/3/2021) dini hari ini dan menimbulkan ledakan keras. Hingga saat ini api belum bisa dipadamkan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu Deden Bonni Koswara mengatakan bahwa kebakaran yang terjadi di area kilang minyak RU VI Balongan menyebabkan 21 orang terluka.

Di Indramayu, Senin, Deden memerinci, kebakaran yang terjadi di area kilang itu menyebabkan lima orang terluka berat, dua orang mengalami luka serius, dan 14 terluka ringan.

"Yang dua korban bisa kami tangani di RSUD Indramayu," katanya.

"Lima korban yang luka berat kita rujuk ke RSD Gunung Jati Cirebon," ia menambahkan.

Ia menjelaskan, lima orang yang dirujuk ke Rumah Sakit Daerah Gunung Jati Cirebon mengalami luka bakar lebih dari 50 persen sehingga membutuhkan perawatan di rumah sakit dengan fasilitas lebih lengkap.

Selain menyebabkan warga terluka, kebakaran yang terjadi pada satu tangki minyak di kilang Balongan memaksa 1.000 lebih warga di sekitar lokasi kebakaran mengungsi.

Mengutip laman Pertamina, Kilang VI Balongan adalah kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero).

Kegiatan bisnis utama di kilang ini adalah mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non BBM dan petrokimia.

Kilang ini mulai beroperasi pada 1994 dan terletak di Indramayu atau sekitar 200 km arah timur Jakarta. (*)



Tulis Komentar