Daerah

Gubernur Riau Panen Perdana Semangka di Rokan Baru Pesisir

Gubernur Riau Drs H Syamsuar menghadiri panen perdana semangka di Rokan Baru Pesisir, Rohil. (F:LEK/ANEWS)

ROKAN HILIR (ANEWS) - Setelah melaksanakan panen raya bersama Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI M. Syech Ismed SE M.Han dan Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH SIK M.Si, Gubernur Riau Drs H Syamsuar juga menghadiri panen perdana semangka di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir Kecamatan Pekaitan, Rohil.

"Saya mengapresiasi panen perdana semangka di Rokan Baru Pesisir ini. Kita tidak boleh terpaku pada satu jenis tanaman saja, sesuaikan dengan kondisi lahan yang berada diwilayah kita. Apabila lahannya gambut dan berair tentu tidak cocok untuk ditanam sawit, lebih baik ditanam tanaman yang sesuai seperti padi dan semangka" ungkap Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dalam sambutannya, Selasa (30/03/2021).

"Panen raya padi dan semangka ini dapat menjadi bukti bahwa Kabupaten Rokan Hilir siap jadi project percontohan program Food Estate Nasional" kata Gubri lagi.

Selanjutnya, Danrem 031/Wirabima menyatakan hormat dan bangga kepada Babinsa Rokan Baru Pesisir Sertu Sugiyanto atas kegigihan dan keuletannya dalam melaksanakan pendampingan terhadap kelompok tani yang mengolah lahan ketahanan pangan di Rokan Baru Pesisir tersebut. Danrem 031/Wirabima mengatakan dalam sambutannya bahwa dengan peningkatan ini menjadikan Rokan Baru Pesisir berubah dari sebuah desa tertinggal menjadi desa berkembang, dan tidak menutup kemungkinan akan meningkat menjadi desa maju.

"Peran TNI dalam ketahanan pangan merupakan wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat dan Pemda dalam upaya membantu meningkatkan perekonomian wilayah yang akan mendukung peningkatan perekonomian nasional," sebutnya.

Danrem Juga berharap sinergitas yang dibangun oleh Dinas Pertanian Kab. Rohil dan Kodim 0321/Rohil bersama 12 kelompok tani binaan di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir dalam pengelolaan lahan tidur menjadi lahan pertanian yang produktif seluas 350 Ha tersebut tetap sejalan dengan baik.

Menurutnya, hal yang perlu diapresiasi yaitu peningkatan perluasan lahan yang sangat signifikan yang dikelola secara manual tanpa membakar lahan serta penanaman padi tanpa pupuk kimia. 

Peningkatan sarana dan prasarana pertanian yang sudah berhasil dikerjakan oleh Kodim 0321/Rohil dengan karya bakti pada akhir tahun 2020 sangat membantu petani dalam pengembangan pertanian antara lain pengerasan jalan dan semenisasi, pembuatan jembatan penghubung, pembuatan jalan sawah dan pembuatan embung serta saluran irigasi.

"Kedepan Korem 031/Wirabima beserta Kodim jajaran akan terus melaksanakan pembinaan dan pendampingan pertanian dengan kerjasama dengan pemda dan dinas pertanian untuk mewujudkan swasembada pangan di Provinsi Riau" Ungkap Danrem 031/Wirabima dalam sambutannya.

Sementara itu Kapolda Riau menyatakan siap mendukung Korem 031/Wirabima dan Kodim jajarannya dalam mendukung swasembada pangan di Provinsi Riau.

Hal senada juga disampaikan oleh Bulog Provinsi Riau yang mengapresiasi kwalitas beras hasil panen raya Rokan Baru Pesisir dengan menyatakan siap menampung hasil panen raya ketahanan pangan Kodim 0321/Rohil dengan harga Rp 11.500 dimana harga tersebut merupakan harga tertinggi dari harga semua jenis beras bulog.(LEK)



Tulis Komentar