Daerah

66 Orang Penyuluh Agama Islam Kemenag Kuansing Ikuti Pembinaan

Penyuluh Agama Islam Kemenag Kuansing foto bersama narasumber usai acara. (F/ADM/ANEWS)

KUANTAN SINGINGI (ANEWS) - Sebanyak 66 orang Penyuluh Agama Islam (PAI) Kementerian Agama Kabupaten Kuantan Singingi mengikuti pembinaan. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Bimas Islam ini berlangsung Kamis (8/4) di Balai Diklat Telukkuantan. 

Kasi Bimas Islam Kemenag Kuansing H. Bahrul Iswandi, S. Ag. MH mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pembinaan kepada penyuluh agama Islam Kabupaten Kuansing dengan tema profesionalitas penyuluh agama Islam.

"Terselenggaranya kegiatan ini berkat kerjasama dengan dengan UIN Susqa Riau," ungkap Bahrul menjawab AmanahNews.com.

Sebagain nara sumber yang tampil adalah dosen dari Fakultas Usuluddin UIN Susqa Riau. Pertama, Dr. Zulkifli. M. Ag yang memberikan materi tentang zakat. Secara garis besar beliau menyampaikan tentang zakat pada zaman Rasulullah pada periode Makkah dan Madinah, serta ketentuan yang mengatur tentang zakat. 

Narasumber kedua adalah, Dr. HM. Ridwan Hasbi. Lc. MA dengan materi ceramah /tausiah metode dan retorika. Beberapa hal yang disampaikan adalah tentang media dakwah baik lisan atau tulisan dan gambar. 

Selain itu beliau juga menyampaikan tentang substansi ceramah, persiapan yang harus dilakukan, warning atau peringatan yang penting diketahui seorang Da'i, cerdas dalam beragumen, serta mampu menggunakan retorika dengan baik. 

Sedangkan nara sumber yang ketiga adalah, Prof. H. Syamruddin Nasution, M.Ag yang menyampaikan materi tentang materi dakwah, urgensi dan penyusunan. 

Diantara inti yang disampaikan adalah tentang, persiapan Da'i harus lebih matang, konsep pikiran yang terarah, meningkatkan kepercayaan diri da'i, penyampaian materi yang mudah, serta muda pula disebarkan melalui berbagai media. 

Dalam sesi tanya jawab peserta cukup antusias untuk bertanya. Apalagi bagi peserta yang bertanya diberikan hadiah buku oleh nara sumber. Sementara dari pantauan AmanahNews.com para penanya nampak gembira mendapatkan hadiah buku karangan para dosen tersebut. (ADM)



Tulis Komentar