Daerah

Ikuti Peringatan Hari OTDA XXV, Arfan: Wapres Akui Daerah Mampu Sejahterakan Masyarakatnya

Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman, bersama Ketua DPRD Kabupaten Siak Azmi dan Forkopimda, saat menghadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) ke-XXV tahun 2021, yang dilaksanakan secara virtual.(F: ist-ANEWS)

SIAK (ANEWS) - Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman, bersama Ketua DPRD Kabupaten Siak Azmi dan Forkopimda, menghadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) ke-XXV tahun 2021, yang dilaksanakan secara virtual. 

Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-XXV tahun 2021, dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'aruf Amin, dan diikuti oleh seluruh Kepala Daerah, DPRD maupun unsur Forkompimda se-Indonesia. 

Dalam kesempatan ini, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Muhammad Tito Karnavian menyampaikan bahwa peringatan hari OTDA XXV tahun 2021, mengambil tema "Bangun Semangat Kerja dan Gotong Royong dimasa Pandemi Covid-19, untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit, dan Indonesia Maju". 

"Peringatan Hari Otonomi Daerah sebenarnya jatuh pada 25 April, tetapi karena bertepatan pada hari Ahad, sehingga peringatannya dilaksanakan pada hari ini Senin", kata Mendagri. 

Setelah mengikuti Peringatan Hari OTDA Ke-XXV tahun 2021, Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman kembali menyampaikan arahan dari Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'aruf Amin. 

"Diawal sambutannya, Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'aruf Amin sangat mengapresiasi kepada Kemendagri dan para Kepala Daerah karena terselenggaranya Pilkada waktu lalu di 270 Daerah, termasuk di Kabupaten Siak, berjalan dengan lancar, aman dan terkendali, meskipun dimasa pandemi Covid-19", kata Arfan, di ruang Live Room kantor Bupati Siak, Senin (26/4/2021). 

Wapres juga mengatakan, sambung Arfan, pada Peringatan Hari Otonomi Daerah saat ini merupakan momentum yang tepat untuk melihat kembali dinamika serta tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dimasa yang akan datang.

“Penyelanggaraan Otonomi Daerah merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian daerah guna meningkatkan layanan tehadap masyarakat, meningkatkan daya saing daerah melalui pemberdayaan masyarakat, dan pemerintah daerah dalam rangka mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat", ucap Sekda Siak tersebut. 

Selanjutnya sambung Arfan, Wapres juga menyampaikan bahwa Peran serta masyarakat dalam mengembangkan dan memajukan daerah sangat penting, harus cepat dan tepat dalam bertindak. Penyelenggaraan urusan pemerintahan, khususnya sektor ekonomi pemerintah daerah memegang peranan penting. 

“Wapres juga berharap, selama kondisi pandemi Covid-19 ini, masyarakat tetap semangat bekerja dan bergotong royong. Tujuannya untuk menciptakan masyarakat yang sehat dan pemulihan ekonomi menuju Indonesia Maju”, tutup Arfan. 

Dalam kesempatan itu, Mendagri Muhammad Tito Karnavian meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Mutasi Daerah (e-Simudah), e-Perda (Peraturan Daerah) dan e-LPPD (Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah). (INFOTORIAL)

 



Tulis Komentar