Daerah

Bupati Meranti Serahkan Laporan Pertangungjawaban Pengunaan Dana APBD Tahun 2020 kepada DPRD

Bupati Meranti Serah Laporan Pertangungjawaban Pengunaan Dana APBD Tahun 2020 kepada DPRD. (F:BOM/ANEWS)

MERANTI (ANEWS) - Bupati Kepulauan Meranti H. Adil SH, memimpin Rapat Paripurna DPRD Kepulauan Meranti dalam Penyampaian Rancangan Kepala Daerah APBD 2021 di balai sidang DPRD Kepulauan Meranti Rabu (2/6/2021), turut hadir yakni 19 Anggota DPRD Meranti Forum telah terpenuhi.

Selain itu, Pembahasan Tahap Awal RPJMD Kepulauan Meranti : DPRD Meminta Tim Penyusun Lakukan Singkronisasi Dengan RPJMN, RPJMD Provinsi Riau dan RPJP Kepulauan Meranti serta Sesuaikan Dengan Kemampuan Keuangan Daerah. 

Penyerahan Ranperda tersebut langsung dilakukan oleh Bupati Kepulauan Meranti H. M Adil yang diterima oleh Ketua DPRD Meranti Ardiansyah didampingi Wakil Ketua H. Khalid Ali. 

Bupati Kepulauan Meranti, berharap dengan telah diserahkannya Laporan Pertangungjawaban Jawaban Pengunaan Dana APBD TA 2020 kepada DPRD Kepulauan Meranti, dapat sesegera mungkin dilakukan pembahasan oleh Legislatif untuk dijadikan Perda. 

Terakhir Bupati H. M Adil mengucapkan terima kasih yang tinggi kepada DPRD Kepulauan Meranti atas dukungan dan kerjasama yang harmonis selama ini. Selanjutnya ia berharap kerjasama yang baik itu dapat terus terjalin dalam upaya menggesa pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kepulauan Meranti.

Sebagaimana diketahui, dalam memasuki tahapan pembahasan RPJMD Kabupaten Kepulauan Meranti, DPRD bersama Tim Penyusun RPJMD Kabupaten Kepulauan Meranti melakukan Rapat Pembahasan Rancangan Awal RPJMD Kepulauan Meranti.

Kendati demikian, Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ardiansyah, SH., M.Si (F. PAN) selaku Ketua DPRD Kab. Kepulauan Meranti, H. Khalid Ali, SE. (F. PDIP) dan Iskandar Budiman, SE. (F. Golkar Plus) selaku Wakil Pimpinan DPRD. 

Adapun yang menghadiri Rapat Pembahasan tersebut terdiri dari Pimpinan Fraksi-Fraksi DPRD Kepulauan Meranti. 

Dari Tim Penyusun RPJMD Kepulauan Meranti dihadiri langsung oleh Mardiansyah, Plt. Kepala BAPPEDA Kabupaten Kepulauan Meranti beserta jajarannya. 

 " Adapun Rancangan Awal RPJMD Kabupaten kepulauan Meranti beserta perbaikan dan masukan dari DPRD sebagaimana yang telah disampaikan oleh Anggota DPRD pada rapat pembahasan RPJMD sebelumnya pada Senin, 24 Mei 2021 yang lalu," kata Mardiansyah.

Sementara itu, Ketua DPRD Meranti Ardiansyah mengatakan bahwa Pimpinan Fraksi-Fraksi DPRD meminta agar RPJMD Kepulauan Meranti dalam penyusunannya harus mengacu dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Riau dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kepulauan Meranti.

 "Hal ini perlu dilakukan agar pembangunan di Kabupaten Kepulauan Meranti sejalan dengan Pembangunan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. Selain itu juga, DPRD meminta agar kearifan lokal dan budaya melayu perlu ditonjolkan dalam rencana pembangunan daerah," ungkap Ardiansyah. 

Menurut Ardiansyah, Disamping penyusunan RPJMD yang perlu disusun dengan teliti menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan bisa dicerna oleh masyarakat banyak, Anggota DPRD juga menyoroti penyusunan RPJMD Kepulauan Meranti ini perlu memasukan program terkait Sagu yang menjadi icon daerah serta perlunya adanya upaya dari Pemerintah Daerah dalam melakukan upaya agar daerah Meranti yang 94 % termasuk dalam zona PIPPIB untuk keluar dari zona tersebut dengan melakukan berbagai kajian yang tepat, sehingga tidak menghambat pembangunan daerah kedepan. Pimpinan Fraksi DPRD juga mengkritisi agar penyusunan RPJMD harus tegas, terukur dengan kemampuan keuangan daerah.

“Terkait masukan-masukan DPRD tentang Penyusunan RPJMD Kabupaten Kepulauan Meranti diharapkan agar diakomodir oleh pemerintah daerah, supaya hasil RPJMD lebih baik, teliti, maksimal dan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah," kata Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Ardiansyah, SH., M.Si.    

Pasca rapat tersebut berakhir, dilanjutkan dengan agenda Penandatanganan MoU Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2021-2026 antara Kepala Daerah dengan Pimpinan DPRD. Hadir pula Bupati Kepulauan Meranti, H. Muhammad Adil, SH bersama Pimpinan DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti menandatangani MoU tersebut.(BOM)



Tulis Komentar