Daerah

Bupati Adil Tinjau Tambak Ikan dan Jaring Gumbang Binaan Posal Selatpanjang

Bupati Adil saat meninjau tambak Ikan dan jaring Gumbang binaan Posal Selatpanjang. (F:BOM/ANEWS)

MERANTI (ANEWS) - Bupati Kepulauan Meranti, Haji Muhammad Adil SH telah melakukan peninjauan Tambak Ikan dan Jaring Gumbang binaan Posal Selatpanjang, Senin (5/7/2021) kemarin.

Selain itu, Peninjauan berawal dari peninjauan tambak ikan yang berada di Jalan Dorak, Selatpanjang Timur, Kecamatan Tebingtinggi. Dalam kesempatan itu Bupati Adil didampingi Danposal Selatpanjang, Letda Laut (S) Jerry Hendra melihat langsung kondisi tambak ikan tersebut. 

Usai melakukan peninjauan tambak ikan, rombongan langsung menuju Pelabuhan Dorak Ujung untuk berangkat ke Desa Insit, Kecamatan Tebingtinggi Barat dengan menggunakan kapal cepat Speedboat untuk melakukan peninjauan Jaring Gumbang dan lokasi Keramba Ikan Kakap binaan Posal Selatpanjang. 

Setibanya, di laut Desa Insit, Bupati Adil bersama Danposal berkesempatan melihat langsung proses pemasangan Tiang Cerocok Gumbang oleh para nelayan dibawah binaan Posal Selatpanjang tersebut. 

Sebab, Bupati Adil juga sempat turun ke rumah penjagaan Keramba Ikan dan berbincang-bincang dengan sejumlah warga setempat. Usai menyapa warga, selanjutnya Bupati Adil bersama Danposal kembali ke Selatpanjang. 

" Pihak kami mengapresiasi dan mendukung penuh program Kakap Putih binaan Posal Selatpanjang," kata Bupati H.Adil SH Kepada Media Selasa (6/7/2021) saat di hubungi.

Ia selaku Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti merasa bangga atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Posal Selatpanjang. 

"Ini merupakan tunjuk ajar yang paling baik dan harapan kita ini disusul oleh instansi-instansi lainnya," ujar Adil. 

Kata Politisi PKB ini pula, bahwa ini juga merupakan perintah dari Presiden Jokowi, meski di tengah pandemi Covid-19 tapi kegiatan ekonomi harus tetap jalan. 

"Ini juga bisa menyerap tenaga kerja, karena dengan adanya kegiatan ini tentunya anak-anak lokal disini bisa bekerja dan mengembangkan bakat," ucap Orang Nomor Satu di Kota Berjuluk Sagu.

Maka dari itu pula, lanjut Adil pihaknya akan mendukung penuh dan berharap nelayan dibawah binaan Posal Selatpanjang bisa menjadi contoh dan meraih hasil yang maksimal. 

Ia berharap, selaku Pemerintah Kepulauan Meranti akan mendukung kegiatan ini dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh, dengan dibawah naungan TNI Angkatan Laut ini tentu akan lebih terjamin keamanannya sambil menjaga rakyat saya bekerja di laut ini.

" Kami juga berjanji akan membantu jaring gumbang agar saat ada bibit ikan nanti makanan ikannya sudah stanbye, kemudian jaring gumbang juga merupakan pekerjaan yang bisa mendapatkan penghasilan," tegas H.Adil.

Menurut H.Adil, yang menjadi Target pemerintah bahwa Meranti jadi kampung Kakap Putih itu dapat terwujud. Karena kampung Kakap Putih kita sudah MoU dan kita akan mendukung program ini bagaimana mewujudkan Kampung Kakap Putih di Provinsi Riau dan Indonesia ini.

Kendati demikian, H.Adil menambahkan, di tahun 2024 program Kampung Kakap Putih pemerintah pusat juga akan menggelontorkan dana ratusan miliar karena target kedepan dalam satu tahun penghasilan ikan bisa mencapai hingga ribuan ton. 

Sementara itu, Danposal Selatpanjang, Letda Laut (S) Jerry Hendra mengucapkan terimakasih kepada Bupati Adil atas support maupun dukungan terhadap program Lanal Dumai yang dilaksanakan Posal Selatpanjang tersebut. 

"Tentunya sangat membantu dengan kebijakan bapak bupati terhadap dukungan program Lanal Dumai yang dilaksanakan Posal Selatpanjang. Alhamdulillah kedepannya kita akan didukung penuh oleh pak bupati dan kita berharap kedepannya program Kakap Putih ini akan mendapatkan hasil yang lebih baik,"ungkapnya. 

Maka dari itu Kata Jerry, bahwa untuk persiapan budidaya Kakap Putih mulai dari pemasangan Jaring Gumbang hingga keramba tersebut sudah mencapai 80 persen. 

"Secepat akan selesai dan persiapan kita sudah 80 persen dan sudah rampung," pintanya.(BOM)



Tulis Komentar