Daerah

Pohon Tumbang dan Fasilitas Rusak Akibat Hujan Badai dan Angin Guyur Meranti

Pohon tumbang dan fasilitas rusak akibat hujan Badai dan angin guyur Meranti Jum'at (23/7/2021) sore. (F:BOM/ANEWS)

MERANTI (ANEWS) - Sejumlah wilayah di Kepulauan Meranti sontak saja diguyur hujan deras angin kencang disertai badai, Jumat (23/7/2021) sekira pukul 15.15 WIB.

Meski sempat dikabarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyampaikan peringatan dini cuaca di sebagian wilayah Kepulauan Meranti, dimana masih berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada pukul 17.30 WIB.

Dari hasil pantauan awak media di lapangan, di kota Berjuluk Sagu tersebut, sontak saja hujan terjadi deras, dan badai yang disertai angin kencang itu menyebabkan puluhan pohon berukuran besar tumbang dan menghalangi jalan. Akibatnya banyak pengendara memutar balik arah karena jalan tidak bisa dilalui. Selain itu aliran listrik juga terputus dan membuat sejumlah wilayah padam.

Sebab, adapun pohon tumbang yang menghalangi jalan tersebut berada di beberapa titik diantaranya di Jalan Manggis Kelurahan Selatpanjang Kota dan di jalan kompleks perumahan pejabat di Jalan Dorak, Desa Banglas.

Bahkan sontak sekali, angin kencang juga menyebabkan beberapa fasilitas umum rusak. Pantauan di lapangan tower radio milik PLN tumbang dan patah, begitu juga Posyandu di Jalan Manggis, dan atap parkiran Mapolsek Tebingtinggi Kelurahan Selatpanjang Kota yang roboh.

Tak tangung- tangung rupanya atap rumah warga juga terlihat beterbangan dan hampir saja mengenai warga yang sedang berteduh dibawahnya dan beruntung tidak ada korban jiwa. Begitu juga kubah musholla di Kelurahan Selatpanjang Timur yang jatuh ke bawah.

Begitupun dengan kondisi di perairan, dimana banyak kapal yang tidak bisa berlabuh karena angin kencang menyebabkan gelombang besar, beruntung tidak ada yang karam.

Guna memulihkan keadaan di lokasi terjadinya bencana, Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIk bergerak cepat dan langsung meminta kepada seluruh personil gabungan dari berbagai elemen melaksanakan kerja bakti membersihkan puing-puing.

Tampak juga di dalam personil gabungan, Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (purna) H. Asmar yang memberikan arahan dan juga ikut terlibat langsung melakukan pembersihan.

"Saya meminta kepada seluruh personil gabungan dari berbagai elemen untuk hadir bersama dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna jalan agar terhindar dari gangguan salah satunya dengan membersihkan jalan raya dari benda-benda yang dapat mengakibatkan kecelakaan," kata AKBP Eko.

Kapolres juga mengingatkan kepada warga dalam menyikapi kondisi cuaca yang esktrim saat ini untuk tetap berhati-hati dan selalu meningkatkan kewaspadaannya. Selain itu juga diimbau masyarakat untuk tidak memarkir kendaraan ataupun berteduh dibawah pohon. Dijelaskannya, pada umumnya pohon sudah banyak yang berumur tua.

"Kondisi cuaca seperti ini memang susah di tebak, apalagi badai seperti ini, kami mengimbau untuk masyarakat waspada dan berhati-hati dan jangan berteduh atau memarkir kendaraan di bawah pohon," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati AKBP (purna) H. Asmar meminta agar BPBD Kepulauan Meranti juga menyatakan selalu siap siaga selama 24 jam dalam penanganan pohon tumbang.

" Kami dari pemerintah Daerah turut prihatin, dan meminta kepada masyarakat jika ada kejadian pohon tumbang dan kejadian lainnya, untuk segera melaporkan ke pihak BPBD dan dinas terkait," tegas H. Asmar.

Wakil Bupati H. Asmar juga meminta bagi masyarakat jika ada pohon tumbang dan butuh penanganan segeralah melaporkannya ke pihak BPBD dan Aparatur pemerintahan setempat.(BOM)



[Ikuti AmanahNews.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar