Daerah

14 Hot Spot Terpantau di Riau, Tersebar di 8 Kabupaten/Kota

Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan.

PEKANBARU (ANEWS) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru mendata ada 14 titik panas ( hotspot ) yang terdeteksi melalui Satelit Terra, Aqua, SNPP dan NOAA20.

14 titik panas yang terpantau tersebut masih kategori rendah dan sedang tersebar di 8 Kabupaten/kota meliputi Kabupaten Bengkalis 3, Kabuoaten Kepulauan Meranti 2, Kabupaten Kampar 1, Kota Dumai 3 , Kabupaten Pelalawan 1, Kabupaten Rokan Hilir 2, Kabupaten Rokan Hulu 1 dan Kabupaten Indragiri Hilir 1.

Forecaster On Duty BMKG Pekanbaru Anggun R, Rabu ( 4/8/2021) mengatakan untuk keadaan cuaca di wilayah Riau sebagian besar cerah berwan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

“ Untuk pagi hari cerah berawan – berawan namun berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kota Dumai, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Siak, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, dan Kabupaten Bengkalis,” jelas Anggun R.

Menurutnya, untuk siang hingga malam hari masih cerah berawan – berawan juga berpotensi berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kota Dumai, Kota Pekanbaru, Kabupaten Rokan Hilir, Kabu Bengkalis, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Indragiri Hilir.

“ Dini hari begitu juga cerah berawan – berawan berpotensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti,” ungkap Anggun.

Dia juga mengingatkan peringatan dini tetap waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Pelalawan pada pagi, malam hari.

“ Untuh suhu udara berkisar antara 23.0 hingga 32.0 derajat cekcius dengan kelembapan udara 58 hingga 98 persen serta arah angin dari tenggara menuju barat daya dengan kecepatan angin 05 hingga 30 km/jam.  

Sementara untuk prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 hingga 1.25 meter kategori rendah. (*)



Tulis Komentar