Daerah

Hampir Tembus Rp13 Ribu per Kg, Harga Karet di Kuansing Tertinggi Sepanjang Tahun 2021

Ilustrasi karet di Kuansing

PEKANBARU (ANEWS) - Meski pandemi Covid-19 melanda, harga karet di tingkat petani di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau terus naik. Berdasarkan hasil lelang Asosiasi Petani Karet Kuansing (Aparkusi) pada 15 Agustus 2021, harga karet mendekati Rp13 ribu per Kg.

Demikian disampaikan Ketua Aparkusi Kuansing Sepriadi, Senin (23/8/2021) di Teluk Kuantan.

"Hasil lelang pekan lalu, yakni Rp12.928 per Kg. Itu rekor harga tertinggi di tahun 2021 ini," jelasnya.

Sedangkan pada pekan ini, lanjut Sepriadi, harga bahan olahan karet (bokar) yang dilelang Aparkusi sebesar Rp12.464 per Kg, turun sebesar Rp464 dari harga pekan lalu.

"Alhamdulillah, hasil lelang semalam masih di atas Rp12 ribu per Kg, memang mengalami penurunan jika dibanding dengan pekan kemarin," kata Sepriadi.

Dia melanjutkan jika awal Agustus 2021, harga karet petani Kuansing di bawah binaan Aparkusi sebesar Rp12.490 per Kg. Pada pekan kedua, harganya naik menjadi Rp12.611 per Kg. Sehari sebelum hari kemerdekaan Republik Indonesia, harga karet melonjak dan hampir menyentuh angka Rp13 ribu per Kg. Jika dilihat dari grafiknya, harga karet petani Kuansing masih stabil.

“Stabilnya harga karet tidak sejalan dengan jumlah produksi. Pada periode sebelumnya, karet yang dilelang rata-rata 80 ton. Untuk minggu ini, karet yang dilelang hanya sekitar 55 ton. Turunnya produksi karet disebabkan oleh cuaca yang sering hujan dalam sepekan terakhir,” pungkas Sepriadi. (*)



Tulis Komentar