Nasional

Jenderal Andika Perkasa Calon Tunggal Panglima TNI

Jenderal TNI Andika Perkasa, Calon Tunggal Panglima TNI. (Ft.Dtc)

JAKARTA (ANEWS)- Spekulasi yang berkembang di tengah publik terkait calon Panglima TNI yang diusulkan Presiden Joko Widodo ke DPR siang hari ini, Rabu (3/11/2021), akhirnya terjawab.

DPR ternyata hari ini sudah menerima surat presiden (supres) usulan calon Panglima TNI tersebut. Jokowi akhirnya mengusulkan satu nama sebagai calon tunggal panglima TNI ke DPR, yakni Jenderal TNI Andika Perkasa yang saat ini Kepala Staf Angkatan Darat (AD).

Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan, telah menerima supres terkait calon panglima TNI. Supres diberikan langsung oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada pimpinan DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (3/11/2021). 

Puan menegaskan, hanya ada satu nama atau calon tunggal Panglima TNI yang diusulkan Jokowi dalam supres itu. 

"Karena itu, pada hari ini melalui Pak Mensesneg, Presiden telah menyampaikan surat presiden mengenai usulan calon panglima TNI kepada DPR RI atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa," kata Puan.

Adapun Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto segera memasuki masa pensiun dari dunia kemiliteran pada November 2021, setelah berusia 58 tahun pada 8 November 2021. 

Isu pergantian panglima TNI pun telah menjadi pusat pembicaraan sejak lama. Sebelumnya ada dua nama yang digadang-gadang akan menjadi penerus kepemimpinan Hadi. Dua orang itu adalah Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono. (*/ZET)



Tulis Komentar