Pendidikan

Rektor UNIKS Upayakan Penguatan Tata Kelola Menuju Unggul, Hadirkan Prof. Dr. Zulfan Sa’am dan Prof. Dr. Ir. Asdi Agustar, M.Sc

KUANTAN SINGINGI (ANEWS) - Diawali dengan acara Sertijab, sebanyak 46 orang pejabat struktural menandatangani berita acara serah terima jabatan (sertijab), pejabat struktural Universitas Islam Kuantan Singingi yang lama periode 2017-2021 kepada pejabat struktural Universitas Islam Kuantan Singingi periode 2021-2025 berlangsung Kamis 18 November 2021 bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Islam Kuantan Singingi.   

Pada acara sertijab yang dihadiri Ketua Yayasan, Sekretaris, Bendahara dan Pengawas Yayasan Perguruan Tinggi Islam Kuantan Singingi (YPTIKS), sekaligus juga dilaksanakan pelatihan penguatan tata kelola Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) menuju unggul, kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari, tanggal 18-19 November 2021.

Rektor UNIKS, Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes menyampaikan, “Penghormatan kepada Ketua dan semua Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Islam Kuantan Singingi (YPTIKS) yang senantiasa memberikan sumbangsih pemikiran, waktu dan tenaga untuk kemajuan kampus UNIKS”.

Dr Nopriadi juga ucapkan, “Terimakasih kepada semua pejabat struktural Universitas Islam Kuantan Singingi periode 2017-2021 atas dedikasi selama ini dalam menjalankan tugasnya untuk kemajuan kampus UNIKS tercinta dan telah meletakan dasar pondasai dalam membangun Universitas Islam Kuantan Singingi”.“

"Kepada pejabat struktural Universitas Islam Kuantan Singingi periode 2021-2025 kami mengharapkan kepada bapak-ibu semua untuk senantiasa memiliki  integritas, loyalitas, berakhlak mulia, memiliki semangat yang tinggi, mampu bekerjasama dan amanah dalam menjalankan tugas” tukasnya.  

Dalam upaya penguatan tata kelola UNIKS menuju unggul, Rektor  UNIKS menghadirkan dua orang Profesor sebagai narasumber yang telah sukses secara fungsional dan berpengalaman di struktural. Pada hari pertama (Kamis, 18/11/2021), acara diisi oleh Prof. Dr. Zulfan Sa’am, MS yang juga selaku Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Islam Kuantan Singingi (YPTIKS), yang pernah menjabat sebagai Ketua Prodi S3 PSIL dan Wakil Direktur II Program Pasca Sarjana Universitas Riau. 

Guru Besar asal Kuantan Singingi ini menerangkan, “Tidak semua pejabat struktural ini diganti, kalau bahasa kitanya (Red_Kuantan Singingi), "ado yang baraliah dahannyo, ibarat urang mamanjek duku, nyo lah di batang duku juonyo, jadi baraliah dahan ka nan yang lobiah tinggi” ungkap Profesor yang kental dengan kearifan lokalnya ini.

“Perlu kita atur segala sesuatu yang berkaitan dengan administrasi dan keuangan yang ada di UNIKS secara detail, kita buat aturan tersebut, sehingga bila terjadi sesuatu kita sudah punya alas haknya, sehingga kita akan menjadi kampus yang kuat dan tertib administrasi secara tata kelolanya” paparnya.

Pada hari Jum’at (19/11/2021) pemaparan materi oleh Prof. Dr. Asdi Agustar. Profesor yang menapaki karir di Ranah Minang ini, pernah menjadi Wakil Rektor II Universitas Andalas Padang, dan juga pernah menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Bukit Tinggi ini, menjelaskan “Karakteristik universitas yang perlu diperhatikan menuju unggul adalah: SDM yang berkualitas (pimpinan, dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan), memiliki sarana prasarana yang baik, Sumber Daya Keuangan dan Jejaring yang luas, penerapan good university governance secara totalitas dan konsisten (bidang akademik, keuangan dan SDM, serta good leadership).

Selaras dengan penyampaian Prof.Asdi, Rektor UNIKS Dr. Nopriadi mengatakan setuju akan menjalankan good university governance di UNIKS, semua pajabat yang baru harus memiliki komitmen yang tinggi untuk bersama-sama mengimplementasikannya ke depan. Kita akan upayakan meningkatkan transparansi, akuntabilitas kepada stakeholders, responsibility (tanggung jawab) independensi dalam pengambilan keputusan, fairness (adil), penjaminan mutu dan relevansi, efektifitas dan efisiensi, nirlaba.

Kita juga membutuhkan sarana dan prasarana yang lebih baik untuk menuju unggul. Harapan kita semua sivitas akademika UNIKS semoga bisa segera dapat memanfaatkan gedung baru UNIKS yg sudah selesai di bangun sejak 6 tahun lalu itu, dan semoga akses jalan ke kampus UNIKS Jl Nenas bisa diaspal segera oleh Pemda. 

Terakhir Prof Asdi Agustar mengatakan UNIKS bisa menjadi unggul dengan UNICNESS yang dimilikinya, sebab unggul tidak harus lebih baik dari kampus ini dan itu, karena UNICNESS adalah yang bisa didapatkan dari kampus tersebut dan tidak didapatkan dari kampus manapun” tutupnya.(rls)



[Ikuti AmanahNews.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar