Daerah

Rapat Kerja Daerah BEM Se-Riau Ke-VIII, Bupati Meranti HM Adil Tawarkan Program Kuliah Gratis

Bupati Meranti H Muhammad Adil SH saat menghadiri Agenda Rapat Kerja Daerah Badan Esekutif Mahasiswa Seluruh Riau VII . (F:BOM/ANEWS)

MERANTI (ANEWS) - Bupati Meranti H Muhammad Adil SH menghadiri Agenda Rapat Kerja Daerah Badan Esekutif Mahasiswa Seluruh Riau VII Dengan Tema "Peran Mahasiswa dan Fungsi Pemerintahan Dalam Peningkatan Perekonomian dan Sumber Daya Manusia Provinsi Riau di Gedung Afifa Lantai II (2/12/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Kadis Pendidikan Sukirno, Kadis Pariwisata Riski Hidayat, PLT Kasatpol PP Masdiana, Mahasiswa Meranti dan Para Tamu Udangan. BPKP Perwakilan Provinsi Riau, Ketua BEM Se-Riau, Khori Zulfan. Acara dimulai dengan persembahan tari zapin Melayu dengan lagu "Makanlah Sirih" dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Khori Kabupaten Meranti Zulfan, Dinas Capil Marhalim, Camat Tebing Tinggi, Perwakilan Kasat Intel Polres Meranti.

Kemudian sambutan Ketua koordinator Daerah Rafaningsih mengatakan dalam sambutannya dari acara ini kami berharap BEM Se-Riau agar dapat menjaga satu sama lain dan terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa dan lainya berkat kerja samanya hingga acara ini bisa terselenggara.

Selaku Koordinator Pusat BEM Se-Riau Jimy Saputra Nasution mengatakan bahwa, acara ini sebagai bentuk formalitas dan kita disini mengambil peran untuk mendengarkan isu keluh kesah dari masyarakat, kemudian terima kasih kepada Bupati Meranti H Muhammad Adil SH telah hadir dan ikut suport dalam acara ini. Mudah-mudahan dalam acara ini kita dapat mengambil kesimpulan dan ide-ide cerdas dari hasil Rapat Kerja Daerah BEM Se-Riau Sekaligus Diskusi Panel.

"Kita juga meminta beberapa nasehat dan gagasan dari Bupati Meranti, tentu hal ini berhubungan dengan kepentingan masyarakat", ujarnya Jimmy Nasution.

Selanjutnya sambutan Bupati Meranti H Muhammad Adil SH mengatakan, Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, saya menyambut baik atas terlaksananya kegiatan ini. Karena selain lebih mempererat hubungan silaturahim dan kerjasama, wadah ini juga menjadi wahana transformasi kepemimpinan bangsa yang berakhlakul karimah. 

"Saya berharap kegiatan Rakerda ini dapat menghasilkan pemikiran dan gagasan yang solutit dalam meningkatkan ekonomi bagi permasalahan yang dihadapi masyarakat, terlebih di era pandemi. Kalianlah, para mahasiswa, calon penerus bangsa, bangunlah bangsa ini dengan pemikiran kalian yang luar biasa menghasilkan gagasan-gagasan baru dan solutif bagi permasalahan nyata yang ada di
masyarakat", katanya H Muhammad Adil SH.

Peningkatan kapasitas dan kualitas suatu
bangsa melalui pembangunan SDM yang unggul merupakan tugas bersama dalam menciptakan bangsa yang kuat dan negara yang makmur. Melalui SDM yang unggul, tangguh dan berkualitas baik secara fisik dan mental akan berdampak postif tidak hanya terhadap peningkatan daya saing dan bangsa, namun Juga dalam kemandirian mendukung pembangunan nasional.

Hal ini, tentu saja tak lepas dari peran mahasiswa yang merupakan elemen penting dalam masyarakat, dimana Kehadirannya sebagai aget of change telah teruji dalam perjalanan sejarah. Untuk disadari, bahwa masa depan bangsa ini, kebanggaan bangsa ini, maju mundurnya bangsa ini, ada di tangan mahasiswa. Hadirin dan peserta rapat yang saya muliakan, Pandemi Covid-19 yang masih melanda Bangsa di belahan dunia termasuk Indonesia, tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tetapi juga mempengaruhi kondisi perekonomian, pendidikan, dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia. 

Kemudian Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan, baik untuk menanggulangi wabah Covid-19 di bidang Kesehatan maupun /menanggulangi dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi. Dalam upaya membangkitkan ekonomi, percepatan pemulihan situasi ekonomi nasional menyongsong Indonesia Maju, pemerintah terus mendorong tumbuhnya wirausaha baru, wirausaha muda, baik dalam hal penumbuhan minat, pemberian bantuan wirausaha. 

Oleh karena itu, diperlukan dukungan dari berbagai pihak untuk bersinergi dalam meningkatan perekonomian dan Sumber Daya Manusia. Upaya ini tentu tidak akan berdampak maksimal tanpa dukungan semua pihak, khususnya bersatunya niat dan ikhtiar para Pemuda dalam turut serta membangun bangsa ini secara Bersama-sama Semoga Rakerda ke VIIl di Kepulauan Meranti ini sebagai wadah pemersatu seluruh mahasiswa, kampus yang ada di Provinsi Riau, mahasiswa harus berperan aktif baik itu dalam internal kampus maupun pemerintah, sehingga nanti menghasilkan ide dan inovasi menghasilkan solusi nyata untuk peningkatan perekonomian dan SDM kedepannya.

Kemudian Bupati Meranti H Muhammad Adil SH juga menjelaskan terkait program Pendidikan, Kemudian anak Meranti wajib S1,S2 dan S3 bagi yang mau kuliah silahkan kita dari pemerintah akan menanggung biaya tersebut alias gratis, jadi pendidikan di Meranti sudah gampang jadi anak bapak/ibu yang cerdas silahkan daftar nantinya tapi dengan cacatan kalau sudah selesai kuliah wajib kerjanya di Meranti jika tidak mau maka akan di denda.

"Jadi bagi anak-anak Meranti yang kuliah akan melakukan perjanjian setelah selesai wajib kerja di Meranti, adapun bagian jurusanya secara gambaran seperti perikanan, teknik industri, dokter, Informasi Teknologi dan sebagainya, saya berharap anaknya betul-betul disuruh belajar agar kedepan menjadi tenaga ahli untuk Meranti, Insyaallah dalam 5 tahun kita sudah menghasilkan 5000 sarjana S1 500 Master dan 200 orang Dokter", katanya H Muhammad Adil SH.

Kemudian dalam penyampaian terakhir Bupati Meranti H Muhammad Adil SH juga menginformasikan tentang program Kesehatan, berobat hanya gunakan KTP saja dan itu gratis agar menuju Meranti, Maju Cerdas dan Bermartabat, Kemudian diakhir acara Bupati langsung membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah BEM Se-Riau Ke VIII.(BOM)



Tulis Komentar