Pendidikan

Kadisdik Kamsol Siapkan Program Jitu Benahi Sektor Pendidikan Riau

Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Riau. (F:ist-ANEWS)

PEKANBARU (ANEWS) - Usai dilantik Gubernur Riau, Jumat (17/12/2021) Kepala Dinas Pendidikan Riau, Kamsol mengatakan, bahwa ia telah menyusun sejumlah program untuk meningkatkan pendidikan di Riau. Mulai dari progam terkait tenaga pendidik, infrastruktur sekolah, sampai menurunkan angka putus sekolah. 

“Yang paling penting kita kerjakan masalah gaji guru honor. Ini sesuai dengan arahan pak gubernur. Sementara, kita harus mendata sesuai dengan data awal yang kita punya untuk memperbaikinya, kita mencari solusi bagaimana menperbaikinya,” ujar Kamsol.

“Langkah strategis lainnya dalam rangka meningkatkan infrastruktur pendidikan, banyak sekolah-sekolah lama dan juga pemerataan guru yang tidak seimbang. Yang penting bagaimana kualitasnya meningkat,” imbuhnya.

Menurut Kamsol, untuk infrastruktur sekolah di Provinsi Riau terutama di kabupaten kota, masih kekurang ruang belajar. Sehingga perlu dilakukan penambahan sekolah, dan ruang kelas, agar bisa menampung siswa yang lulus SMP. Sejauh ini jumlah siswa yang lulus SMP tidak seimbang dengan ruang kelas yang diterima. 

“Pemeraataan pembangunan ruang kelas baru, sekolah baru memang digesa. Karena apa sebabnya ada lebih kurang 20 ribu setiap tahun angka dari SMP ke SMA yang tidak bisa ditampung karena kekurangan lokal. Dan setiap daerah berbeda jumlah siswanya,” tukasnya.

Adapun untuk persoalan angka putus sekolah masih terjadi sejak lama. Ada beberapa cara untuk mengurangi angka putus sekolah, walaupun saat ini sudah mulai berkurang. Tapi perlu dilakukan program lain dalam meningkatkan pendidikan di daerah. 

“Alhamdulillah sekarang mulai berkurang, memang paket pendidikan non formal anak-anak putus sekolah kewenangan kabupaten kota, tapi bisa kita bantu dengan menyiapkan bantuan keuangan, atau menyiapkan bantuan guru kepada mereka. Kita harapkan setiap desa membangun Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), itukan sekolah non formal, kita minta pemerintah pusat membantu,” tutupnya. (*)



Tulis Komentar