Daerah

Lahan Gambut 4 Hektare Terbakar di Bengkalis, Tim Gabungan Berjibaku Padamkan Api

Kebakaran Lahan (Arsip Manggala Agni dan BPBD Riau)

PEKANBARU (ANews) - Kebakaran lahan gambut kosong milik warga terjadi di daerah Bengkalis, Riau. Luas lahan mencapai 4 hektare. Hingga saat ini tim gabungan Manggala Agni, TNI-Polri, dan BPBD masih berjibaku memadami api. 

Menurut Kepala BPBD Riau, Edy Afrizal, kebakaran lahan gambut terjadi kemarin. Api diketahui kian membesar sekitar pukul 17.18 Wib. Lokasi berada di jalan poros Desa Sungai Alam, Bengkalis. 

"Kemarin sekitar pukul 17.18 Wib diterima laporan terjadi kebakaran lahan di semak belukar. Lokasinya lahan gambut," terang Edy, Sabtu (5/2/2022).

Edy menyebut lahan terbakar adalah milik warga. Ada sekitar 4 hektare lahan yang terbakar saat kondisi angin kencang sore kemarin.

Tim pemadam sempat terkendala angin kencang. Namun, sedikit bisa bernapas lega karena lokasi kebakaran diguyur hujan dengan intensitas sedang malam tadi.

Hingga pagi ini, masih terlihat kepulan asap sisa kebakaran. Bahkan kondisi itu masih berpotensi meluas karena bahan bakar masih banyak.

"Lahan gambut milik masyarakat. Masih berpotensi terbakar jika angin kencang, bahan bakar berupa semak-semak kering banyak di lokasi," katanya.

Untuk mencegah api meluas, BPBD telah berkoorinasi dengan tim di lokasi. Tim Manggala Agni dan TNI yang pagi ini kembali turun ke lokasi.

"Saya udah koordinasi dengan Manggala Agni Daops Siak untuk bantu pemadaman di sana. Mereka lagi persiapan menuju ke lokasi," ujarnya.(*)



Tulis Komentar