Daerah

MTQ ke 13 Kecamatan Merbau, Bupati Adil Minta LPTQ Panggil Qori Terbaik

MERANTI (ANews) - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, Sabtu (26/2/2022) membuka pelaksanaan MTQ ke 13 Kecamatan Merbau di Kelurahan Teluk Belitung.

Dalam kesempatan tersebut, dia meminta Lembaga Pendidikan Tilawatil Quran (LPTQ) Kepulauan Meranti untuk memanggil qori-qoriah terbaik di Indonesia. Tujuannya untuk meningkatkan keahlian anak-anak Meranti dalam membaca Al-Qur'an. 

"Mungkin kita ke depan tidak mengirim MTQ ke Provinsi. Nanti para juara MTQ tingkat kecamatan akan dilatih lagi oleh qori terbaik. Sudah hebat baru kita kirim keluar," kata bupati.

Dia tidak mau Kepulauan Meranti memboroskan anggaran daerah yang terbatas. "Lebih bagus anggarannya dialihkan untuk pelatihan-pelatihan," ujarnya.

Terkait pelaksanaan program jaminan kesehatan kepada masyarakat, bupati memerintahkan petugas kesehatan rumah sakit umum daerah maupun puskesmas untuk melayani pasien yang datang dengan lebih baik.

"Langsung periksa, jangan ditanya administrasinya dulu. Kalau ketahuan, nanti akan saya evaluasi," ungkap Bupati Adil.

Melalui momen MTQ juga, dia mengajak masyarakat untuk mempedomani alquran dengan menunjukkan akhlak dan moral yang baik di dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk dalam berinteraksi dan bergaul di dalam dunia maya melalui media sosial yang beragam.

"Mari bijak dalam bermedsos. Jangan menjadi bagian dari orang yang menyebarkan berita hoax, saring dulu sebelum membagikan," sebutnya.

Ditambahkan Camat Merbau, Indat, dia mengajak masyarakat untuk kembali memaknai dan menghayati kandungan dari alquran melalui pelaksanaan MTQ kecamatan tersebut. Dia juga berharap kegiatan itu menjadi sarana silaturahmi antar sesama dan menjadi penyemangat generasi muda, dalam menggalakkan gemar membaca Al-Qur'an.

"Maka kita para orangtua hendaknya memberikan pandangan dan motivasi kepada anak-anak kita. Jangan lagi tidak paham dan mengerti dengan Al-Qur'an," tutur Idat.

Camat Merbau itu turut menjelaskan MTQ ke 13 kecamatan itu mengangkat tema; mewujudkan masyarakat madani dan islami. Hal tersebut, aku Idat, sejalan dengan visi misi Bupati Kepulauan Meranti.

"Kalau disimak dan dihayati, ini sesuai dengan visi bupati bahwa kita akan membentuk peradaban, sikap pembangunan dan keakhlakan melalui MTQ ini. Mari berfikir membangun, menuju Meranti cerdas, maju dan bermartabat," ajak Camat Merbau itu.

MTQ ke 13 Kecamatan Merbau diikuti sebanyak 9 desa dan 1 kelurahan, dengan total peserta sebanyak 54 orang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kemenag Meranti H. Sulman, Anggota DPRD Meranti Basiran dan Eka. Sekda Kepulauan Meranti Bambang Suprianto, para Kepala OPD dan sejumlah pejabat serta tamu undangan lainnya. (rls)



Tulis Komentar