Daerah

Mudik Lebaran Diperkirakan Alami Lonjakan, Polda Lakukan Persiapan

PEKANBARU (ANews) - Mempertimbangkan turunnya angka kasus penyebaran Covid-19 dan terjadinya pelonggaran kebijakan pemerintah, arus mudik di Riau pada Lebaran Idulfritri tahun 2022 ini diperkirakan akan mengalami lonjakan signifikan.

Karena itu Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal menyampaikan jajaran Polda Riau kini tengah melakukan persiapan untuk kelancaran arus mudik pada Lebaran Idulfitri, Senin (11/4/2022).

“Yang jelas, kami saat ini sudah melaksanakan operasi tertib Ramadhan. Saya kira satu-satunya Polda yang melakukan operasi mandiri kewilayahan, operasi inisiatif untuk menekan angka gangguan kamtibmas pada saat Ramadhan, agar masyarakat muslim khususnya yang melaksanakan ibadah, terjaga,” ungkapnya.

Kemduian terang Kapolda, akan ada gelar operasi ketupat terpusat yang akan dilakukan secara nasional, maka operasi tertib Ramadhan akan langsung dialihkan menjadi operasi ketupat. Kata Kapolda Riau, semua “mesin-mesin” Polres dan Polda sudah melaksanakan operasi tersebut.

Ini bertujuan untuk menekan angka gangguan kamtibmas, dan melayani seluruh maksimal seluruh kegiatan masyarakat, baik yang tidak mudik, maupun yang akan melaksanakan mudik pada lebaran tahun ini.

“Yang tidak mudik di Riau ini kan juga banyak. Kami bekerja sama dengan TNI dan seluruh elemen masyarakat lainnya. Antisipasi itu akan terus kami lakukan, termasuk Pospam yang ada saat ini akan terus dipertahankan hingga usai lebaran nanti,” pungkas Kapolda.(*)



Tulis Komentar