Daerah

Pacu Jalur Mini Sukaraja Siap Digelar

Panitia dan pihak Dispar, menyisir area pacu untuk memastikan kesiapan panitia. (F:it-ANews)

KUANTAN SINGINGI (ANews) - Festival Pacu Jalur Mini di Telaga Dapur Umum Desa Sukaraja Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi siap digelar dan akan dibuka langsung oleh Plt. Bupati Kuantan Singingi Drs. H. Suhardiman Amby, Ak. MM, pada Jum’at (3/6/2022) lusa. 

Kepastian akan digelarnya Pacu Jalur Mini ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi Drs. Azhar, MM, melalui telepon selulernya di saat  beliau dalam perjalanan melaksanakan tugas ke Pekanbaru. 

"Kita selalu berkoordinasi secara intens dengan Panitia di lapangan, Insya Allah Pacu Jalur Mini di Desa Sukaraja sudah fixt persiapannya Jum’at nanti tanggal 3 Juni 2022 pukul 08.00 Wib yang akan dihadiri dan dibuka langsung oleh Plt. Bupati Kuantan Singingi," sebut Azhar.

Kadisparbud Kuansing Drs. Azhar, MM, saat memimpin rapat persiapan pacu jalur mini Desa Sukaraja, beberapa hari yang lalu. (F:ist-ANews)

Ditambahkan, pihaknya juga berharap dengan dilaksanakannya pacu jalur mini ini akan menambah kecintaan masyarakat akan budaya yang dimiliki dan disisi lain akan berdampak kepada peningkatan ekonomi pelaku UMKM yang berada disekitarnya. 

"Saat ini beberapa anggota kita dari Dispar (Dinas Pariwisata) Suherman Yusuf dan Ahmad Herry sedang berada di lapangan bersama Panitia untuk mempersiapkan acara," ungkap Azhar.

Ketika awak media mengkofirmasi ke lapangan, terlihat dengan jelas segenap panitia, pihak dari Dinas Pariwisata, bahkan salah satu anggota DPRD Kuansing Bapak Solehudin, S.Sos terlibat aktif mempersiapkan acara dimaksud. 

Lokasi acara Pacu jalur Mini. (F:ist-ANews)

Wanto selaku Ketua Panitia Pelaksana didampingi panitia lainnya optimis, pacu jalur mini di Telaga Dapur Umum Sukaraja siap untuk digelar hari Jum’at lusa. 

"Undangan sebagian besar sudah kita sebar dan saat ini kami sedang bergotong royong pemasangan tenda dan penataan areal pacu, "ungkapnya. 

Begitu juga salah satu anggota DPRD Kuansing Solehudin menyatakan siap mendukung dan mensupport acara pacu jalur mini ini. 

"Ya, kita dukung dan supportlah kegiatan pacu ini, karena eforia masyarakat begitu tinggi untuk menyaksikan pacu jalur ini sebagai bagian dari tradisi dan budaya masyarakat Kuansing, apalagi sudah dua tahun belakangan ini kita tidak melaksnakannya karena wabah covid-19. Mudah-mudahan  dengan terlaksananya festival pacu jalur nanti kerinduan masyarakat untuk menyaksikan pacu jalur akan terobati, "ucap Solehudin menutup pembicaraannya.(ARY)
   


 



Tulis Komentar