Daerah

Gubri Syamsuar Pimpin Apel Hari Pramuka ke 61 Tingkat Kwartir Daerah Riau Tahun 2022

Gubri Syamsuar memimpin Apel Hari Pramuka ke 61 Tingkat Kwartir Daerah Riau Tahun 2022, di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau, Kamis (18/08/2022). (F:ist-ANews)

PEKANBARU (ANews) - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar memimpin apel Hari Pramuka ke 61 tingkat kwartir daerah Riau Tahun 2022. Apel dilaksanakan di Halaman Gedung Daerah Provinsi Riau, pada Kamis (18/8/2022).

Turut hadir dalam apel Hari Pramuka ke-61 tahun 2022 yaitu, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal, serta Forkompinda Provinsi Riau, Ketua TP PKK Provinsi Riau Misnarni Syamsuar, dan seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemprov Riau.

Dalam kesempatan itu Gubri menyampaikan amanatnya, ia mengucapkan Selamat  Hari Pramuka ke-61 tahun 2022 dan berharap pramuka semakin berjaya.

Ia menyampaikan, organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana ke 61 ini, juga sekaligus memperingati 110 tahun keberadaan gerakan kepanduan di Indonesia yang telah ada sejak tahun 1912.

"Untuk itulah kita perlu mengucapkan rasa syukur kepada Allah Tuhan yang maha kuasa atas nikmat dan berkah dapat berkembang bersama gerakan Pramuka," ujarnya.

Gubri mengungkapkan, berdasarkan tema utama peringatan Hari Pramuka ke-61 dan semua kegiatan tingkat nasional pada tahun ini adalah "Mengabdi tanpa batas untuk membangun ketangguhan bangsa".

Tema ini menunjukkan untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang. Dengan pengabdian yang dilakukan  bagian dari pendidikan di dalam gerakan Pramuka sejak usia Pramuka siaga.

"Adik-adik kita telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan hal itu bisa dimulai dengan cara-cara sederhana dan dilakukan di lingkungan keluarga kita masing-masing maupun di lingkungan masyarakat di sekitar tempat tinggal kita," ungkapnya.

Apalagi, lanjut Gubri, bentuk pengabdian ini sejalan dengan kode kehormatan yaitu dwi satya dan dwi darma untuk pramuka siaga. Serta tri satya dan dasa darma untuk golongan pramuka lainnya. 

"Semua kode kehormatan gerakan Pramuka itu ditekankan pentingnya bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, antara lain diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras  dan antar golongan," tuturnya.(**)



Tulis Komentar