Daerah

Selama Iven Pacu Jalur, DLH Kuansing Kerahkan Ratusan Petugas Bersihkan Kota Talukkuantan

DLH Kuansing akan kerahkan ratusan petugas kebersihan untuk membersihkan kota Talukkuantan selama iven pacu jalur berlangsung. (F:ist-ANews)

TELUKKUANTAN (ANews) - Menjelang perhelatan akbar festival pacu Jalur Kabupaten Kuantan Singingi yang akan dilaksanakan pada 21-25 Agustus mendatang, Pemerintah Kabupaten Kuansing melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kuansing akan mengerahkan 300 lebih petugas kebersihan untuk membersihkan Kota Telukkuantan.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kuansing, Rustam ratusan pegawai harian lepas itu akan bekerja malam hari selama iven ini berlangsung. 

"Iya benar. Para pegawai harian lepas itu akan bekerja malam hari," ujarnya Kamis (18/8/2022) malam kepada wartawan.

Kenapa malam, Rustam menjelaskan karena pada siang hari aktivitas disepanjang arena dan Kota Telukkuantan padat oleh ratusan ribu penonton. Para pekerja bisa bekerja ketika areal tidak padat pengunjung. 

"Sengaja malam, karena siangnya aktivitas disepanjang arena dan Kota Telukkuantan padat oleh ratusan ribu penonton. Malam hari sampah kami angkut, siangnya kota akan bersih kembali," katanya.

Karena itu terang Rustam pihaknya akan memberikan imbauan kepada masyarakat melalui baliho supaya tidak membuang sampah disepanjang aliran Sungai Kuantan. 

"Silahkan membuang sampah di tempat yang sudah disiapkan. Kami juga menyiapkan kantong plastik ukuran besar untuk menampung sampah," ujar Rustam.

Rustam menambahkan, kepada para pedagang yang berada di sepanjang arena pacu jalur supaya untuk mengumpulkan sampahnya masing-masing. Malamnya, pegawai DLH akan datang menjemput sampah dengan menggunakan truk dan kendaraan roda tiga.

Dia juga mengimbau kepada komunitas-kumunitas yang peduli lingkungan untuk bersama-sama menjaga Sungai Kuantan dari ancaman pencemaran aliran sungai. 

"Selain sampah, kami juga sosialisasikan mengenai bahaya bahan mercuri yang dapat mencemari aliran sungai," imbuh Rustam. (**)


 



Tulis Komentar