Daerah

Minus Peserta Luar Negeri, Tour de Siak Kembali Digelar November 2022

Kepala Dinas Pariwisata Riau H. Roni Rahmat. (F:ist-ANews)

PEKANBARU (SIAK) –Kabar gembira terutama untuk masyarakat Siak khususnya dan Riau pada umumnya, Sport Tourism Tour de Siak (TdSi) 2022 bakal kembali digelar di Provinsi Riau pada bulan November 2022. Namun, pada tahun ini event ini tanpa diikuti peserta dari luar negeri.

Kepala Dinas Pariwisata Riau H. Roni Rahmat mengatakan, bahwa untuk peserta yang akan mengikuti TdSi 2022 merupakan rekomendasi Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) pusat. Sedangkan untuk peserta dari luar negeri untuk sementara ditiadakan. Kondisi itu lantaran mengingat masih dalam kondisi Covid-19.

“Dari ISSI peserta tahun ini luar negeri tidak ada. Dalam syarat dan pendaftaran ada poin-poin yang sudah ditentukan ISSI. Dan tidak sembarang pesarta,” ujar Roni Rahmat, Jum'at (22/07/2022) di Pekanbaru.

Dijelaskan Roni, pihaknya telah mengadakan rapat bersama Sekdaprov Riau, Pemkab Siak dan Kota Pekanbaru. Di mana untuk tahun ini Tour de Siak menjalani 4 etape.

Kemudian, setelah disepakati hasil peninjauan jalan oleh tim panitia TdSi langkah selanjutnya tim akan mengekspose ke ISSI.

Lalu, dari ISSI juga akan ikut meninjau hasil ekspose dari panitia TdSi untuk mendapatkan persetujuan kelayakan jalan yang akan dilewati pebalap sepeda.

“Setelah dari pihak kabupaten kota menyanggupi, direncanakan rute yang disiapkan baru diexpose ke ISSI pusat. Lalu, Tim ISSI akan turun meninjau apakah sesuai standar atau tidak. Setelah itu baru dikeluarkan rekomendasi prosedurnya,” Roni berujar.

Dijelaskan dia, bahwa penyelenggaraan TdSi tahun ini sudah mendapat persetujuan dari UCI (United Cycliste Internationale).

“Oleh sebab itulah kita melibatkan pihak yang berhubungan dengan event olahraga Pariwisata ini,” kata Roni.

Diberitakan sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF Hariyanto mengatakan, Pemprov Riau telah mengadakan rapat bersama dengan Pemerintah Kabupaten Siak dan Kota Pekanbaru. Di mana untuk tahun ini Tour de Siak akan dilaksanakan di tiga daerah yakni Siak, Pelalawan dan Pekanbaru.

“Kita sudah mengadakan rapat perdana bersama Pemkab Siak dan Kota Pekanbaru, serta panitia Tour de Siak. Menurut rencana agenda pariwisata ini akan dilaksanakan pada bulan November 2022. Setelah disepakati nanti akan dibuatkan SK panitia Tour de Siak oleh Gubernur, karena ini melibatkan tiga daerah,” kata Sekda.

Dijelaskan Sekda Tour de Siak tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana akan dilaksanakan 4 etape, etape pertama city race Kota Siak dan pembukaan di Siak, etape kedua Siak-Pelalawa, etape ketiga Pelalawan-Pekanbaru, dan etape keempat city race Kota Pekanbaru.

“Jadi tahun ini ada empat etape Siak dan Pekanbaru, pembukaan tetap si Siak. Tentang jalan melingkupi tanggungjawab jalan baik di Kabupaten dan Kota, Provinsi dan Jalan Nasional, sesuai dengan ruas jalan yang dilewati. Insha Allah minggu depan langsung turun ke lokasi rute Tour de Siak bersama kabupaten kota yang terlibat,” bebernya.(INF) 



Tulis Komentar