Daerah

Syukuran Alih Kelola WK CPP Blok, Pemkab Siak Gelar Tabligh Akbar dan Ziarah Makam Sultan

SIAK (ANews) – Sebagai ungkapan rasa syukur atas diserahkannya alih kelola Wilayah Kerja blok CPP bersama BUMD PT BSP sekaligus Sempena peringatan hari ulang tahun RI ke 77, Pemerintah Kabupaten Siak dan manajemen PT Bumi Siak Pusako melakukan ziarah makam para Sultan Siak.

Ziarah makam tersebut dimulai dari makam Raja Kecik atau Sultan Abdul Jalil Rakhmadsyah yang memerintah tahun 1725 – 1746 M, terletak di Kampung Langkai, Kecamatan Siak.

Selanjutnya, rombongan menuju makam Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffarsyah (Tengku Buwang Asmara) di Kampung Sungai Mempura, Kecamatan Mempura. Bupati Siak Alfedri beserta Unsur Forkompimda dan juga Direktur PT. Bumi Siak Pusako (BSP) Iskandar, melanjutkan Ziarah ke Makam Sultan Syarif Kasim Il, dan Komplek Makam Koto Tinggi.

“Hari ini kami berziarah ke makam para sultan Siak, ini merupakan rangkaian dari syukuran perpanjangan kontrak Wilayah Kerja blok (CPP) ke PT. Bumi Siak Pusako dan serta sempena menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 tahun 2022. Kita mengucapkan rasa syukur atas jasa para Sultan yang berjuang untuk negeri,” ujar Bupati Alfedri, ditemui usai ziarah makam para Sultan, Kamis (11/8/2022) lalu.

Bupati Alfedri juga menyampaikan alih kelola blok CPP ke BUMD PT BSP merupakan berkah bagi kabupaten Siak.

”Ini merupakan keberkahan yang Allah SWT berikan kepada Kabupaten Siak. Kita harapkan ke depannya produksi PT. BSP terus meningkat,” harapnya.

Ziarah ini juga sebagai bentuk penghormatan kepada pendahulu-pendahulu negeri ini.

”Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala memuliakan dan meninggikan derajat serta Surgalah balasan untuk para Sultan dan pejuang negeri kita ini, Mudah-mudahan ke depan Siak akan semakin diberikan kelimpahan dan curahan rahmat,” ucapnya.

Selain melaksanakan ziarah kubur ke Makam para Sultan Siak, rangkaian selanjutnya adalah pelaksanaan khatam Al-Qur’an 20 kali yang melibatkan seluruh perwakilan Kecamatan dan Pondok Pesantren se-Kabupaten Siak, dan di malam harinya digelar tabligh akbar, shalat hajat serta doa bersama.

“Di keesokan harinya Jum’at malam, juga akan diselenggarakan hiburan rakyat, yang dihadiri Pasha Ungu,” kata Alfedri.(INF)



Tulis Komentar