Nasional

Berkontribusi dan Inovatif, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Raih Penghargaan Dharma Karya ESDM Muda Tahun 2022

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus saat menerima Penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral Muda Tahun 2022 yang diberikan langsung oleh Menteri ESDM RI Arifin Tasrif Selasa (4/10/2022). (F:ist-Anews)

JAKARTA (ANews) - Dinilai sukses memberikan kontribusi dalam alih kelola WK Rokan serta inovatif, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus mendapat Penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral Muda Tahun 2022 yang diberikan langsung oleh Menteri ESDM RI Arifin Tasrif pada Selasa (4/10) di Kantor Kementerian ESDM RI, Jakarta. Tahniah !

Hal ini berdasarkan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 237.K/KP.06/MEM.S/2022 tentang Penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral Tahun 2022.

Penghargaan tersebut diberikan atas kontribusi Rikky Rahmat Firdaus dalam mengawal alih kelola WK Rokan dan alih operator WK CPP yang telah sukses beberapa waktu yang lalu dilaksanakan. Rikky Rahmat Firdaus dinilai berhasil melaksanakan kegiatan Alih Kelola WK Rokan dari KKKS PT CPI ke PT Pertamina Hulu Rokan (level produksi ±162.000 BOPD, Produser terbesar ke-2 dari produksi nasional) dan Alih Operator WK CPP dari BOB PT BSP – Pertamina Hulu ke PT Bumi Siak Pusako (Level produksi ± 8.300 BOPD) secara aman, kondusif, dan lancar di daerah Provinsi Riau. 

Tidak hanya itu beberapa inovasi juga dilakukan oleh Rikky Rahmat Firdaus dalam menunjang kelancaran operasional hulu migas di wilayah Sumatera Bagian Utara diantaranya melaksanakan event yang menghadirkan 4 Gubernur untuk untuk membahas dan mensinergikan kegiatan hulu migas di wilayah Sumatra Bagian Utara dalam wadah Northern Sumatra Forum. Di bawah kepemimpinan Rikky juga, untuk lebih mengenal budaya dan kearifan lokal masyarakat di sekitar wilayah operasi, SKK Migas Sumbagut  menerbitkan buku: 'Dinamika Masyarakat di Sekitar Hulu Migas: Studi Etnografi di  Wilayah Sumatra Bagian Utara". 

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus usai menerima Penghargaan menyampaikan terimakasih atas penghargaan yang diberikan oleh Menteri ESDM RI, penghargaan yang diberikan merupakan pemicu semangat dalam mengawal produksi migas nasional khususnya di wilayah Sumatera Bagian Utara yang berkontibusi ±32.2  % produksi nasional.

“Syukur alhamdulillah atas penghargaan Dharma Karya ESDM tahun 2022 yang diberikan, tentunya saya mengucapkan terimakasih atas support dari keluarga besar pekerja Perwakilan SKK Migas Sumbagut dan juga pejuang 1 juta barel KKKS Wilayah Sumbagut yang selama ini bersama-sama bekerja keras untuk kelancaran operasional dan mengawal target nasional”. ujar Rikky Rahmat Firdaus.

Untuk Wilayah Sumatera Bagian Utara sendiri jumlah target pengeboran sumur pada tahun 2021 mencapai 303 sumur, Sementara itu tahun 2022 meningkat pesat menjadi 580 sumur atau sekitar 60% dari target 890 sumur pengeboran nasional. Dengan peningkatan hampir 100% dari tahun 2021, SKK Migas Sumbagut hadir dalam mendukung tercapainya target  pengeboran tersebut dengan dengan berkoordinasi dengan stakeholder daerah guna mendapatkan dukungan dalam membantu proses kelancaran perizinan dan masifnya kegiatan penyiapan pengadaan lahan di daerah. 

Penyerahan penghargaan ini merupakan pelaksanaan Peraturan Menteri ESDM Nomor 34 Tahun 2008 tentang Penghargaan Dharma Karya Energi dan Sumber Daya Mineral. Pemilihan ini diseleksi oleh tim penilai yang bertugas menggali inovasi/gagasan/jasa tiap peserta untuk selanjutnya dilakukan penilaian tingkat jenis Penghargaan Dharma Karya ESDM. Penghargaan Dharma Karya Muda adalah berjasa di sektor ESDM dan jasanya bersifat sektoral.

Terdapat 33 perseorangan/kelompok/institusi yang mendapatkan penghargaan Dharma Karya ESDM tahun 2022, penghargaan ini sendiri diberikan kepada perseorangan/kelompok/institusi yang memberikan dampak kemajuan dalam pembangunan nasional khususnya disektor energy dan sumber daya mineral.(**/rls)



Tulis Komentar