Daerah

Dosen Fakultas Psikologi UIR Berikan Penyuluhan Manajemen Stres di SMAN 1 Kuantan Mudik

Penyuluhan

KUANTAN MUDIK (Anews) - Dua orang dosen Psikologi dari Universitas Islam Riau Dr. Fikri,. S.Psi,. M.Si dan Cutra Aslinda, S.Kom, M.Kom memberikan penyuluhan "Manajemen Stres" kepada siswa-siswa SMAN 1 Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) beberapa waktu lalu.

Menurut keterangan Fikri, penyuluhan ini berguna untuk mengedukasi remaja-remaja agar mengerti dan mempunyai keahlian dalam memanajemen stres yang dihadapinya. Terlebih lagi remaja saat ini dihadapkan dengan perkembangan teknologi digital yang begitu pesat dan begitu cepat perubahannya, sehingga banyak tantangan atau permasalahan yang dihadapi para remaja saat ini.

"Tantangan utama generasi muda dalam perkembangan digital adalah untuk tidak hanyut dan menjadi korban dari sisi negatif kemajuan teknologi sehingga menjadi stres dan menghambat prestasi belajar di sekolah,"tuturnya saat dikonfirmasi AmanahNews.com Kamis (26/1/2023) terkait hasil penyuluhan tersebut.

Dikatakan, psikologi memandang periode remaja sebagai periode yang penuh gejolak dengan menamakan period of storm and stress, artinya adalah masa yang penuh dengan konflik dan gejolak. Remaja sebagai generasi penerus bangsa serta agen perubahan, sehingga remaja memiliki peran yang penting dalam proses pembangunan dan berpartisipasi untuk menyelesaikan tantangan persoalan dalam bidang sosial dan lingkungan khususnya di era digital saat ini.

'Menyadari hal ini, kami memandang perlu dilakukan penyuluhan dengan tema "Manajemen Stres" yang akan  memberikan pengetahuan dan kemampuan dari remaja untuk dapat mengelola stres jika dihadapkan dengan permasalahan kehidupan,"ungkapnya.

Sebut Fikri, kegiatan penyuluhan ini sekaligus dalam rangka kampus melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai wujud dari Tri Darma Perguruan Tinggi.

"Kegiatan ini juga untuk mengimplementasikan penelitian yang dilakukan dikampus dengan memberikan penyuluhan langsung kepada siswa-siswa, dan sekarang implementasinya kami wujudkan di SMAN 1 Kuantan Mudik," imbuhnya.

Ditambahkan Fikri, kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti dengan penuh semangat dan antusias dari peserta yang juga dihadiri Kepala Sekolah SMAN 1 Kuantan Mudik, Aprinedi, S.Pd.MM beserta guru-guru. Pihak sekolah terangnya mengaku sangat terbantu dengan kegiatan ini bahkan hal ini sangat bagi pihak sekolah terutama bagi para siswa dalam mengelola stres.(HRZ)
 



Tulis Komentar