Daerah

Tajak Sumur BLN-01, EMP Tunas Energi Adakan Syukuran Bersama Anak Yatim

Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus didampingi GM PT EMP Tunas Energi, Herman Dahlina dan Kadep Operasi SKK Migas Perwakilan Sumbagut, Sebastian Julius menggunting pita, dimulainya tajak pengeboran sumur eksplorasi BLN-01, Selasa (25/7/2023). (F:HNS/ANews)

BULUH NIPIS (ANews) - PT EMP Tunas Energi bersama Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Migas (SKK Migas) Perwakilan Sumatra bagian Utara menggelar syukuran dan doa bersama sebagai pertanda dimulainya tajak (pengeboran) Sumur BLN-01 di Desa Buluh Nipis, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Selasa, 25 Juli 2023. Sumur BLN-01 merupakan sumur eksplorasi migas pertama yang dilakukan PT EMP Tunas Energi.

Turut hadir Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus, Asisten II Pemkab Kampar Suhermi, perwakilan Dinas ESDM Provinsi Riau, Camat Siak Hulu Fajri Rahmad dan Kepala Desa Buluh Nipis Zamri, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama serta puluhan anak yatim.

General Manager (GM) PT EMP Tunas Energi Herman Dahlina menyampaikan,  pihaknya menandatangani Kontrak Kerja Sama (KKS) Blok South CPP dengan pemerintah pada Desember 2021. Kontrak tersebut berisikan beberapa komitmen, salah satunya adalah pengeboran eksplorasi Sumur BLN-01. 

"Sumur BLN-01 akan dibor sedalam 1.950 feet atau sekitar 700 meter. Setelah pengeboran ini selesai, kami berencana melakukan pengeboran di wilayah bagian Selatan. Selain itu juga akan melakukan survei seismik 2D dan 3D," kata Herman Dahlina. 

Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagut yang diwakili Kepala Departemen Operasi, Sebastian Julius menyampaikan apresiasi atas dukungan Pemprov Riau, Pemkab Kampar beserta stakeholders lainnya atas kelancaran penyiapan lokasi sampai akan dimulainya pengeboran Sumur BLN-1. Pengeboran ini diharapkan berhasil sehingga bisa menambah cadangan dan produksi migas nasional sesuai arahan Presiden RI agar pada tahun 2030 produksi migas tanah air mencapai satu juta barel minyak per hari (BOpD) dan 12 miliar kaki kubik gas per hari (BSCFD). 

"Keberhasilan ini tentunya juga akan berdampak kepada daerah dalam bentuk Dana Bagi Hasil Migas. Karena itu melalui momen syukuran dan doa bersama ini kita berharap agar kegiatan yang dilakukan oleh PT EMP Tunas Energi berjalan dengan lancar, selamat dan mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan," ujar Sebastian.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Kampar Muhammad Firdaus menyampaikan bahwa Pemkab Kampar senantiasa mendukung kegiatan migas sebagaimana arahan Presiden untuk memenuhi target produksi nasional, termasuk kegiatan pengeboran Sumur BLN-01.

Bupati Kampar juga berharap agar PT EMP Tunas Energi turut berkontribusi kepada masyarakat sekitar seperti bantuan infrastruktur, program stunting maupun penerimaan tenaga kerja lokal.

"Selain itu pemerintah daerah juga berharap agar PT EMP Tunas Energi bisa mengikutsertakan atau menggandeng BUMD agar perusahaan daerah bisa berkembang dan semakin sukses," ujarnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas ESDM Provinsi Riau, Evarefita menyambut baik kegiatan pengeboran Sumur BLN-01 yang menjadi pengeboran eksplorasi ketiga di Riau setelah sebelumnya PHR WK Rokan dan EMP Bentu Limited melakukan hal yang sama.

GM PT EMP Tunas Energi Herman Dahlina didampingi Area Manager EMP Bentu Limited, Yoyok S Purwanto, menyerahkan santunan kepada anak yatim bersamaan dengan tajak pengeboran perdana sumur eksplorasi BLN-01 (F:HNS/ANews)

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak yatim di sekitar area operasi dan ditutup dengan pengguntingan pita dan serta menekan tombol sirine. (HNS/ANews)

 

 



Tulis Komentar