Daerah

Raja Isyam Azwar Jadi Plt Ketua PWI Riau, Zufra Irwan Plt Ketua Dewan Kehormatan

Raja Isyam Azwar terpilih sebagai Plt Ketua PWI Provinsi Riau menggantikan Zulmansyah Sekedang yang telah terpilih sebagai Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat. (F:ist/ANews)

PEKANBARU (ANews) – Raja Isyam Azwar terpilih sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau menggantikan Zulmansyah Sekedang yang telah terpilih sebagai Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat.

Sementara Zufra Irwan terpilih sebagai Plt Ketua Dewan Kehormatan PWI Provinsi Riau, menggantikan Helmi Burman yang juga terpilih sebagai anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat.

Keduanya terpilih dalam rapat pleno diperluas PWI Provinsi Riau yang dipimpin Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Zulmansyah Sekedang di Sekretariat PWI Provinsi Riau, Jl Arifin Achmad, Pekanbaru, Rabu (1/11/2023).

Rapat pleno juga dihadiri pengurus PWI Pusat antara Helmi Burman, anggota Dewan Kehormatan; Novrizon Burman, Wakil Ketua Bidang Kerjasama dan Kemitraan, dan Ardiansyah Tanjung, anggota bidang hukum.

Sesuai PD/PRT PWI, jika Ketua PWI Provinsi dan Ketua Dewan Kehormatan Provinsi berhalangan tetap, maka diangkat Plt yang dipilih dalam rapat pleno.

Rapat pleno dihadiri Dewan Penasihat, Dewan Kehormatan, Pengurus Harian, dan para Ketua Seksi. Diperluas dengan mengikutkan Ketua PWI kabupaten/kota.

Baik Raja Isyam Azwar yang juga Wakil Ketua Bidang Organisasi maupun Zufra Irwan yang sebelumnya anggota Dewan Kehormatan, terpilih secara aklamasi.

''Karena hanya satu nama, maka saya tetapkan secara aklamasi,'' ujar Zulmansyah sambil mengetok meja tiga kali.

Usai terpilih, Raja Isyam memimpin rapat pleno menetapkan kekosongan pengurus. Di antaranya, wakil bendahara yang belum ditetapkan antara Luna Agustin dan Deslina. Salah satunya akan menggantikan Herlina yang juga terpilih menjadi Wakil Bendahara PWI Pusat.

Sedangkan Zulkani terpilih sebagai anggota Dewan Kehormatan PWI Riau.

Sebelumnya juga dicalonkan Said Mustafa Husin untuk mengisi satu orang kekurangan anggota Dewan Kehormatan dari jumlah lima orang.

Tapi wartawan senior dari Kuansing itu tidak bersedia dan tetap memilih jadi anggota Dewan Penasihat.

Menurut Zulmansyah, tugas Plt Ketua PWI Riau adalah mengadakan Konferensi Luar Biasa PWI Provinsi Riau dalam waktu enam bulan.

Agenda KLB adalah menetapkan Ketua PWI Provinsi dan Ketua Dewan Kehormatan Provinsi definitif untuk lima tahun ke depan.

Selain itu, Zulmansyah juga mengharapkan Plt PWI Riau mempersiapkan diri sebagai tuan rumah launching Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) 2024 sebagaimana telah ditetapkan PWI Pusat.

Juga persiapan untuk menghadapi Hari Pers Nasional (HPN) 2024 setelah Pemilu nanti di Jakarta. (*/rls)



Tulis Komentar