Daerah

Songsong Indonesia Emas 2045, di Upacara HUT PGRI Bupati Alfedri Canangkan Program Chromebook pada Siswa SMP

Bupati Siak Alfedri menjadi pembina pada Upacara peringatan HUT PGRI di Kecamatan Tualang, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Tualang. Senin, (27/11/2023). (F:ist-ANews)

TUALANG (ANews) - Menyongsong Indonesia Emas di tahun 2045, Bupati Alfedri ingin proses belajar mengajar harus bisa memakai Chromebook. Sebuah perangkat canggih yang berisikan aplikasi khusus standar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Siak Alfedri saat menjadi pembina pada Upacara peringatan HUT PGRI di Kecamatan Tualang, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Camat Tualang. Senin, (27/11/2023).

"Penggunaan Chromebook ini sudah dilaksanakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, dengan memberikan 15 Chromebook untuk setiap sekolah" ujarnya.

Alfedri menjelaskan tahun 2022 lalu, pihaknya sudah mulai mengunakan Chromebook dalam proses pembelajaran.

"Tahun 2023 ini sudah kami programkan Chromebook untuk anak-anak kita belajar, melalui Program Strategis Pendidikan Kabupaten Siak", katanya.

Untuk tahun ini, sambungnya, Pemerintah Kabupaten Siak akan memberikan Chromebook kepada siswa/i kelas III SMP secara bertahap.

"Jika anak kelas 3 SMP ini sudah tamat, akan diberikan kepada anak kelas 2 SMP. Tentunya akan juga akan diberikan kepada siswa/i kelas 1 nantinya, secara bertahap", jelasnya.

Alfedri juga mengajak para pendidi untuk terus mendukung program-program strategis pendidikan kabupaten Siak sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar.

"Kita di Siak ini memprogramkan sudah jelas tahapannya, 2019/2020 kita sudah melengkapi ujian nasional berbasiskan komputer. Kita tidak mau numpang-numpang lagi untuk melaksanakan ujian Nasional", sebut dia.

Alfedri juga mengatakan, di tahun 2021/2022 menginginkan tidak ada lagi belajar menggunakan spidol dan harus menggunakan infokus.

"Di tahun 2021/2022 kita ingin belajar tidak ada lagi menggunakan spidol dan harus menggunakan infokus. Sementara untuk guru yang tidak mempunyai laptop, kita telah berikan laptop. Jika masih ada guru yang tidak mempunyai laptop, laporkan segera", pinta orang nomor satu di Siak itu.

Upacara peringatan Hut PGRI ini di ikuti Ketua DPRD, Anggota DPRD, Camat Tualang, Penghulu, seluruh Guru se Kecamatan Tualang, anggota TNI, Polri dan murid SMA, SMP.(*/rls).



Tulis Komentar