Daerah

Prakiraan Cuaca Hari Ini, BMKG: Hujan Seharian Berpotensi Mengguyur Riau

ilustrasi

PEKANBARU (ANews) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Riau, Jumat (1/12/2023). Dalam rilis tersebut dikatakan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi di Riau.

Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Sanya Gautami, mengatakan bahwa hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan berlangsung dini hari. Hujan tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja.

"Pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kepulauan Meranti dan juga Kuantan Singingi. Lalu, siang hingga sore hari potensi hujan terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi Riau," ujarnya.

Kemudian, kata dia, malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Pelalawan, Kuantan Singingi, Siak, Bengkalis, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru.

Sementara, dini hari potensi hujan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Siak, Rokan Hilir, Kepulauan Meranti, dan juga Kabupaten Bengkalis.

Sanya mengatakan, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Potensi tersebut terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Siak, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Kuantan Singingi, dan Indragiri Hilir pada siang, sore dan malam hari," katanya.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa suhu udara Riau hari ini berada di angka 22.0 – 32.0 °C dengan kelembapan Udara 58 – 99 %. Sementara arah angin berhembus ke Barat Daya - Utara dengan kecepatan 10 - 20 km/jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01 – 1.25 meter," tandasnya. (*/ANews)

 



Tulis Komentar