Daerah

Sekda Arfan Harap Pustaka dan Pemustaka di Siak Semakin Berkembang

Sekda Siak Arfan Usman dalam sambutannya di acara Penganugerahan Pemenang Lomba Pojok Baca OPD/Lembaga, Taman Baca Masyarakat (TBM), Pemustaka Terbaik Se-Kabupaten Siak, di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Siak, Rabu (13/12/2023). (F:ist-ANews)

SIAK (ANews) - Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Arfan Usman menghadiri Penganugerahan Pemenang Lomba Pojok Baca OPD/Lembaga, Taman Baca Masyarakat (TBM), Pemustaka Terbaik Se-Kabupaten Siak, yang dilaksanakan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Siak, Rabu (13/12/2023).

Dalam sambutannya, Sekda Arfan menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang di taja oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak. Dan ia berpesan kepada para pimpinan OPD untuk mendukung program-program yang telah dibuat oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

"Mudah-mudahan kedepannya kegiatan ini bisa kita buat lebih baik lagi, dan lebih semarak lagi" ucapnya.

Apresiasi juga ditujukan Sekda Arfan kepada Taman Bacaan Masyarakat se-Kabupaten yang menjadi motor penggerak literasi dan menjadi pemacu Gerakan Siak Cerdas yang sedang gencar dilakukan.

Diharapkan dengan diberikannya apresiasi ini, menjadi penyemangat bagi OPD/Instansi serta masyarakat untuk terus mengembangkan perpustakaan khusus dan Taman Bacaan. Sebagai sarana penyediaan informasi di kalangan sendiri maupun untuk masyarakat luas.

"Apresiasi kami juga kepada Pemustaka Terbaik merupakan yang paling aktif melakukan kegiatan kunjungan dan peminjaman buku di Perpustakaan Daerah Kabupaten Siak. Semoga Perpustakaan dan pemustaka di Kabupaten Siak semakin  berkembang dan meningkat sejalan dengan tumbuhnya minat baca dan kegemaran membaca masyarakat" sebutnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Siak, Salmiah Safitri menjelaskan bahwa pelaksanaan program kegiatan ini adalah sebagai bentuk nyata perwujudan dari instruksi Bupati Siak Nomor 360 Tahun 2019. Tentang Penyediaan Fasilitas Perpustakaan dan Sudut Baca pada Organisasi Perangkat Daerah, Ruang-Ruang Publik, dan Lembaga-Lembaga Pelayanan Masyarakat.

Lomba Pojok Baca OPD dan Taman Baca Masyarakat (TBM) telah dilaksanakan pada Bulan Oktober 2023. Lomba Pojok Baca OPD telah diikuti oleh 16 (Enam Belas) OPD se-Kabupaten Siak, dan Lomba Taman. Dengan Komponen Penilaian Penampilan/Desain, Koleksi, Administrasi, Pemanfaatan Pojok Baca, Program/Kegiatan.

"Pada kesempatan kali ini juga kami memberikan reward bagi Pemustaka Terbaik, yang telah aktif berkunjung dan melakukan peminjaman buku. Hal ini sebagai motivasi Masyarakat agar memilih perpustakaan sebagai tempat mencari informasi yang terpercaya dan akurat" ujarnya.

Adapun pemenang dalam perlombaan ini diantaranya, kategori Lomba Taman Baca Masyarakat (TBM) Juara I diraih oleh TBM Pena Bertuah, Juara II oleh Rumah Baca Lentera Ummadan dan Juara III diraih Perpustakaan Trotoar. Kategori Pemustaka Terbaik penghargaan diberikan kepada Aulia Arafah, Khofifah Hanif Najmi, Latifah, Zuriyanti, dan Awaluddin Romadhani.

Untuk Kategori Lomba Pojok Baca OPD, Juara I diraih oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Siak, Juara II Dinas Perhubungan Kab. Siak, Juara III Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kab. Siak, Juara IV Dinas Perikanan dan Peternakan Kab. Siak, Juara V Rutan Kelas IIB Kab. Siak dan Juara VI diraih oleh Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kab. Siak. (*/rls)



Tulis Komentar