Daerah

BMKG: Hujan dengan Intensitas Ringan-Sedang Masih Mengguyur Wilayah Riau

ilustrasi

PEKANBARU (News) - Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi mengguyur wilayah Riau. Demikian rilis dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Senin (18/12/2023).

Forecaster On Duty BMKG Pekanbaru, Moh Ibnu Amiruddin menyampaikan pada pagi hingga siang hari, udara di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Siak, Kepulauan Meranti, Pelalawan, dan Kuantan Singingi diperkirakan kabur hingga berawan.

Sementara, sore hingga malam hari, cuaca di sebagian besar wilayah Provinsi Riau diperkirakan cerah berawan hingga berawan dan berpotensi terjadi hujan. Lalu, pada dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kampar, Siak, Rokan Hilir, Kepulauan Meranti, Pelalawan, dan Kuantan Singingi.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," ucap Moh Ibnu Amiruddin.

Dijelaskan, peringatan ini berlaku di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Siak, dan Pelalawan. Kemudian di Kabupaten Kuantan Singingi, Rokan Hilir, Kampar, dan Kepulauan Meranti pada sore atau malam dan dini hari.

Sementara, suhu udara di Riau hari ini berada di kisaran 22.0 – 32.0 °C dengan kelembapan udara 60 – 99 %. Sementara itu, arah angin berhembus dari Barat Laut ke Timur Laut dengan kecepatan 10 - 30 km/jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.01 – 0.50 m, yang menandakan kondisi laut yang tenang," ujarnya.

Sementara itu, total titik panas (hotspot) di wilayah Sumatera adalah 82. Rinciannya adalah Bengkulu 14 titik, Jambi 1 titik, Lampung 24 titik, Sumatera Barat 19 titik, Sumatera Selatan 22 titik, Bangka Belitung dan Riau masing-masing 1 titik. (*/ANews). 



Tulis Komentar