Daerah

Lima Kabupaten di Riau Dilanda Banjir, BPBD Peringatkan Potensi Terjadinya Longsor

ilustrasi

PEKANBARU (ANews) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau M Edy Afrizal melalui Kabid Kedaruratan Jim Gafur menyatakan lima kabupaten di Riau dilanda banjir . masing-masing Bengkalis, Rokan Hulu (Rohul), Kuantan Singingi (Kuansing), Rokan Hilir (Rohil) dan Kampar.

Dari lima kabupaten tersebut ada beberapa yang kondisi banjirnya sudah mulai surut, sebagian baru saja terjadi banjir.

“Ada lima kabupaten yang melaporkan terjadi banjir di daerahnya. Namun, untuk di Rohul saat ini sudah mulai surut,” kata M Edy Afrizal Selasa (19/12/2023).

Di Kabupaten Bengkalis banjir juga sudah mulai surut setelah beberapa hari melanda. Namun, karena merendam rumah warga, 50 kepala keluarga harus mengungsi.

“Untuk di Bengkalis sudah kami kirimkan bantuan berupa logistik,” sebutnya.

Sementara itu, untuk di Kabupaten Kuansing dan Kampar banjir baru saja terjadi. Karena itu, pihaknya saat ini sedang berkoordinasi dengan BPBD setempat untuk mengetahui kondisi terkiri. Namun, jika diperlukan, maka pihaknya juga akan mengirim bantuan.

“Untuk di Kampar dan Kuansing banjir baru saja melanda, kami masih terus koordinasi dengan BPBD setempat,” ujarnya.

Mengingat kondisi cuaca saat ini, pihaknya juga sudah mengirimkan surat peringatan kepada pemerintah 12 kabupaten/kota di Riau. Hal tersebut mengacu prakiraan daerah rawan banjir yang disampaikan BMKG dan wilayah potensi longsor.

Karena itu, kata dia, pihaknya meminta BPBD kabupaten/kota se-Riau untuk melakukan upaya pencegahan dalam meminimalisir dampak ancaman bencana banjir dan longsor, yang kemungkinan timbul di masing-masing kabupaten/kota.

"Kami sudah minta kabupaten kota untuk meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait, serta monitoring potensi ancaman bancana banjir dan longsor di wilayah masing-masing daerah," imbuhnya. (*/ANews)



Tulis Komentar