Daerah

Makin Naik, PLTA Koto Panjang Tambah Bukaan Pintu Pelimpahan 110 Cm

ilustrasi

PEKANBARU (ANews) - Manajemen Pembangkit Listik Tenaga Air (PLTU) Koto Panjang, kembali menambah bukaan pintu pelimpahan setinggi 40 cm. Dengan demikian, maka total bukaan lima pintu pelimpahan waduk 5X110 cm.

Manager PLTA Koto Panjang Cecep Sofhan Munawar menjelaskan, intensitas hujan yang tinggi hulu di waduk PLTA Koto Panjang membuat elevasi naik pada hari ini 83.81 MDPL. Karena itu manajemen akan menambahkan bukaan lima pintu pelimpahan setinggi 40 cm.

"Karena masih tingginya elevasi di waduk PLTA Koto Panjang. Maka kami melakukan penambahan bukaan pintu pelimpahan air waduk (spillway gate)," jelas Cecep Sofhan Munawar, Selasa (19/12/2023).

Cecep Sofhan Munawar menjelaskan, yang mana sebelumnya sudah dilakukan pembukaan pintu pelimpahan 5X70 cm. Akan ditambah pintu pelimpahan sebesar 5X40 cm dengan total bukaan 5X110 cm pada Selasa (19/12/2023) sekitar pukul 11.00 WIB.

"Diperkirakan kenaikan permukaan air Sungai Kampar bisa mencapai 40 cm sampai 50 cm dari kondisi terakhir," jelas Cecep Sofhan Munawar.

Terkait penambahan bukaan pintu pelimpahan tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau juga sudah memberikan imbauan agar masyarakat yang berada di sekitar daerah aliran sungai Kampar untuk waspada.

“Masyarakat kami imbau waspada, karena saat ini terpantau permukaan air sungai Kampar sudah mulai naik,” kata Kabid Kedaruratan BPBD Riau Jim Gafur. (*/ANews)



Tulis Komentar