Daerah

Bukaan Pintu Pelimpah Air Waduk PLTA Koto Panjang Diturunkan Sebesar 30 CM

Waduk PLTA Koto Panjang. (F:int-ANews)

KAMPAR (ANews) - Manajemen PLTA Koto Panjang kembali akan melakukan penurunan bukaan pintu pelimpah air waduk (Spillway Gate), Ada penurunan elevasi dibanding hari sebelumnya. Hari ini akan dilakukan pengurangan pembukaan pintu air 5x30 cm yang mana sebelumnya berada pada bukaan Pintu air 5x60 Cm, jadi total pembukaan pintu pelimpah 5 x 30 cm.

Demikian Update  Info PLTA Koto Panjang pada pukul 10.00 Wib tanggal 09 Januari 2024, dimana pintu air ini di buka pada pukul 12.00 Wib siang ini.

Manajer PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munawar mengatakan penurunan bukaan pintu dilakukan sehubungan dengan turunnya debit air yang menyebabkan penurunan pada elevasi waduk PLTA Koto Panjang.

"Jadi hari ini pukul 10.00 WIB yang sebelumnya telah dilakukan pembukaan 5 x 60 cm akan dikurangi bukaan pintu pelimpah sebesar 5 x 30 cm," ujar Cecep, Rabu (9/1/2024).

Cecep mengatakan, perkiraan penurunan permukaan sungai dari kondisi terkahir adalah 30 sampai 40 cm.

Terkait hal tersebut, Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau Jim Gafir mengatakan, meski dilakukan penurunan, namun pihaknya tetap waspada dan menyiapkan peralatan jika nantinya terjadi sesuatu kepada masyarakat sekitar.

"Kita tetap standby. Warga juga diharapkan tetap waspada," tukasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Kampar terus mengimbau masyarakat  yang berada di sekitar aliran sungai untuk tetap waspada mengingat curash hujan masih tinggi.

"Kami mengimbau kepada masyarakat Kampar untuk tetap meningkatkan kewaspadaan, karena intensitas hujan masih tinggi, sehingga kita harus tetap waspada,"himbaunya.(*/ANews)

 

 



Tulis Komentar