Pariwisata

Membanggakan Riau, Tari Kreasi Pacu Jalur Kuansing Tampil di Agenda WWF 2024 Bali

Bupati Kuantan Singingi DR. H. Suhardiman Amby, Ak. MM. berfoto bersama dengan tim kesenian dari Dinas Pariwisata Kuansing dan pejabat Kuansing yang hadir di acara malam penutupan penyelenggaraan WWF di Bali, Jum'at ( (24/05/2024). (F:ARY/ANews)

NUSA DUA BALI (ANews) - Masyarakat Riau terutama warga Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) perlu berbangga. Pasalnya pada malam penutupan penyelenggaraan World Water Forum (WWF) atau Forum Air Sedunia ke-10 Tahun 2024 yang dilaksanakan di Pulau Dewata Bali Provinsi Bali Jum'at (24/05/2024) menghadirkan penampilan terbaik Tari Kreasi Pacu Jalur yang memukau ribuan penonton yang menyaksikan penyelenggaraan kelas dunia ini.

Agenda besar, WWF yang berlangsung pada tanggal 21-25 Mei 2024 ini merupakan agenda lingkup dunia yang dilaksanakan satu kali dalam empat tahun, dimana pada WWF ke-10 Tahun 2024 ini Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah yang dihadiri sekitar 172 negara.

Dalam rangkaian acara WWF ke-10 tersebut, pada malam penutupan Jum'at (24/05/2024) terdapat acara Cultural Night yaitu menampilkan berbagai jenis kuliner khas daerah serta atraksi seni budaya daerah di Taman Beghawan Nusa Dua-Bali. Dan salah satu yang mengisi acara adalah penampilan Tari Kreasi Pacu Jalur dari Kuantan Singingi, Riau.
 
Dimaklumi, bahwa keberhasilan Tari Kreasi Pacu Jalur dapat tampil di acara Cultural Night WWF ke-10 bukanlah hal yang mudah karena sebelumnya melalui tahapan seleksi dan verifikasi yang cukup ketat dari pihak panitia pelaksana. Ada 12 penampilan seni dan budaya daerah se- Indonesia yang berhasil lolos untuk tampil pada acara Cultural Night dimaksud, diantaranya dari Provinsi Riau dan Kabupaten Kuantan Singingi.

Pada acara Cultural Night WWF 10 ini, juga dihadiri langsung oleh Bupati Kuantan Singingi DR. H. Suhardiman Amby, Ak. MM. beserta isteri, Penjabat Sekda, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kuantan Singingi beserta anggota, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata beserta jajaran.

Pada kesempatan itu, Bupati Kuantan Singingi memberikan apresiasi kepada Tim Kesenian dan Dinas terkait yang telah berupaya untuk bisa lolos dan dapat tampil di acara WWF.

"Ya, saya apresiasi lah terhadap penampilan tari kreasi pacu jalur yang dapat tampil di acara WWF ini. Inikan sebagai media promosi yang sangat tepat, dimana kita bisa tampil dihadapan delegasi dunia. Kita berharap kedepannya pacu jalur semakin dikenal sehingga wisatawan mancanegara tertarik untuk datang ke Teluk Kuantan untuk menyaksikannya langsung," ucap Suhardiman bangga.  

Disela-sela acara, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Drs. Azhar, MM yang didampingi Sekretaris dan Kabid menyatakan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan penampilan tari kreasi pacu jalur ini.

"Ya, saya ucapkan terima kasih kepada Tim Kesenian dibawah binaan Dewan Kesenian Kuantan Singingi (DKKS) pimpinan ibu bupati Hj. Yuliaherma yang selalu berkoordinasi dengan kita untuk mempersiapkan penampilan ini. Ini semua tentu berkat dorongan dan arahan Bapak Bupati Dr. H. Suhardiman Amby, dimana beliau sangat fokus dalam membangun bidang kepariwisataan dan budaya di Kuantan Singingi. Semoga, dampak dari penampilan tadi, Festival Pacu Jalur yang akan kita laksanakan pada tanggal 21-25 Agustus 2024 semakin ramai dan sukses, "tutupnya. (ARY/ANews)
 



Tulis Komentar