Pendidikan

Grand Launching Universitas Sains dan Teknologi Indonesia, Tranformasi dari STMIK AMIK Riau

Sivitas akademika Universitas Sains dan Teknologi Indonesia (USTI) STMIK Amik Riau berfoto bersama dengan para tamu undangan di acara Grand Launching USTI, Senin (27/5/2024). (F:RNM/ANews)

PEKANBARU (ANews) - Hari ini (27/5/2024) merupakan tonggak sejarah bagi lembaga pendidikan tinggi berbasis komputer yang sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amik Riau (STMIK Amik Riau), kini bertransformasi menjadi Universitas Sains dan Teknologi Indonesia (USTI).

Grand lounching USTI digelar sejak pagi hingga siang di tadi ditandai dengan penandatanganan plakat peresmian USTI oleh Pembina dan Ketua Yayasan Komputasi Riau Ir. H Vijaya Fitriyasa dan DR. Harris Simaremare, MT di ruang serbaguna Kampus USTI. Acara ditutup dengan pembukaan kain penutup tugu prasasti (logo) USTI di halaman Kampus USTI yang berlokasi di Jalan Purwodadi Indah km 10,5 Panam, Kota Pekanbaru, oleh  Pj. Gubernur Riau yang diwakili Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri), SF Hariyanto diwakili Kabid SMK Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Arden Simeru. Momen bersejarah inipun disaksikan oleh tamu undangan dan civitas akademi USTI.

Bertransformasinya STMIK-AMIK Riau menjadi Universitas Sains dan Teknologi Indonesia seiring diterbitkannya Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No: 232/E/0/2024 pada Tanggal 13 Maret 2024. SK ini menandai perubahan bentuk institusi mereka dari Sekolah Tinggi menjadi sebuah universitas yang diberi nama Universitas Sains dan Teknologi Indonesia.

STMIK Amik Riau sebelumnya merupakan penggabungan dari dua perguruantinggi komputer pertama di Provinsi Riau, yakni Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Riau (STMIK Riau) dan Akademi Manajemen Informatika Komputer Riau (AMIK Riau). Kedua perguruan tinggi ini didirikan oleh Yayasan Komputasi Riau (YKR).

AMIK Riau didirikan pada tahun 1990, sebagai jawaban atas kebutuhan tenagakerja bidang komputer di Provinsi Riau, dengan jenjang pendidikan Diploma III Jurusan Manajemen Informatika (izin Mendikbud RI No.0233/0/1990). Pada 1992, AMIK Riau membuka program Diploma I (izinMendikbud RI No.0443/Dikti/Kep1992). AMIK Riau terakreditasi pada 2005 dengan SK.No.014/BAN-PT/Ak-V/DpI-III/XII/2005.

Langkah besar transformasi ini tentunya tak lepas dari upaya serius yang telah dilakukan oleh Yayasan Komputasi Riau (YKR) sebagai badan penyelenggara STMIK-AMIK Riau.

Rektor Universitas Sains dan Teknologi Indonesia (USTI), Lusiana mengatakan, dengan digelarnya grand launching hari ini, merupakan tonggak sejarah baru dalam dunia pendidikan di Universitas Sains dan Teknologi Indonesia.

Langkah ini dilakukan USTI sebagai bukti pihak kampus yang berkomitmen memberikan kontribusi nyata bagi pendidikan masyarakat di tanah air.

"Transformasi dari STMIK-AMIK Riau menjadi universitas Sains dan Teknologi Indonesia adalah bukti nyata visi kami untuk menjadi pusat pendidikan tinggi di Indonesia, " ucap Lusiana dalam sambutannya di grand launching USTI.

Lusiana percaya bahwa pendidikan adalah kunci untuk mengubah masa depan, dan dengan semangat inovasi dan dedikasi ia bertekad untuk mempersiapkan generasi masa depan yang siap menghadapi tantangan global melalui pendidikan yang berkualitas.

"STMIK-AMIK Riau berganti wajah menjadi Universitas Sains dan Teknologi Indonesia. Perjalanan kami tidak lah mudah, namun dengan dukungan dan semangat banyak pihak, baik Yayasan Komputasi Riau (YKR) beserta pengajar, alumni, dan mitra yang telah memberikan wawasan berharga, kami berhasil mencapai tingkat ini, terimakasih, " pungkas Lusiana.

Sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Riau maupun mitra USTI turut hadir dalam acara Grand Launching ini USTI ini. (RNM/ANews)



Tulis Komentar