Olahraga

Mungkin Ini Rekonsiliasi Etok-Etok yang Dimaksud Amien Rais

Pertemuan Megawati Soekarnoputri dengan Prabowo Subianto.

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais kembali bikin heboh. Pernyataannya tentang rekonsiliasi etok-etok membuat panas kuping sejumlah politikus. Apa maksudnya?

Amien Rais menyebut rekonsiliasi etok-etok hanyalah kooptasi di mana petahana yang menang pesta demokrasi kemudian menawarkan beberapa kursi kepada penantang. Si penantang menerima kursi itu tanpa boleh lagi melakukan kritik.

"Alangkah aibnya, alangkah malunya hanya dengan beberapa kursi kemudian tersandera tidak bisa lagi memberikan kritik dan lain lain. Maka seperti ini hanya etok-etok, lupakan saja," kata Amien Rais dalam video yang diunggah di akun Instagram amienraisofficial, Rabu (24/7/2019). 

Amien lantas berpesan kepada PAN soal rekonsiliasi. Dia tegas tak menginginkan PAN masuk dalam proses rekonsiliasi etok-etok itu.

"Jadi ini kebetulan juga PAN, ya Allah PAN, PAN, PAN partaiku yang aku dirikan, jangan ikut latah rekonsiliasi etok-etok itu," katanya.

Anggota Dewan Kehormatan PAN Dradjad Wibowo mengatakan, Amien Rais hendak mengingatkan agar rekonsiliasi tidak hanya sekadar bagi-bagi kursi di kekuasaan.

"Beliau menyarankan kalau rekonsiliasi ya harus yang benar-benar. Jangan rekonsiliasi 'etok-etok', yang ujungnya hanya bagi-bagi kursi. Tentu kursi ini bisa bermakna eksekutif, legislatif dan posisi publik lainnya," ujar Dradjad seperti dikutip dari Detikcom, Kamis (25/7/2019).

"Tapi jika yang ada hanyalah rekonsiliasi etok-etok, Pak Amien menyarankan parpol pendukung 02 memilih beroposisi, oposisi yang terhormat dan berwibawa. Beliau juga menggarisbawahi soal PAN, itu karena ada sebagian kecil oknum yang manuvernya membuat malu PAN di hadapan pemilihnya," lanjutnya.

Dradjat menolak jika maksud rekonsiliasi 'etok-etok' itu diarahkan ke pertemuan antara Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar. 

"Kalau soal silaturahmi, Pak Amien selalu mendakwahkan pentingnya silaturahmi dengan berbagai pihak, baik itu politis maupun non-politis. Jadi, saya rasa bagi Pak Amien, silaturahmi Mas Bowo dan Bu Mega bagus-bagus saja," kata anggota Dewan Kehormatan PAN.

 

Sumber: rakyatku



Tulis Komentar