Daerah

Hutan dan Lahan yang Terbakar di Riau Mencapai 4.000 Ha

Salah satu lokasi hutan dan lahan yang terbakar di Provinsi Riau. (Foto: net/anews)

PEKANBARU, ANEWS - Kawasan hutan dan lahan yang terbakar di wilayah Riau kini terus bertambah luas. Ini disebabkan karena kebakaran hutan dan lahan yang masih terjadi di sejumlah Kabupaten dan Kota di Riau akhir-akhir ini.

Data yang didapat "Amanahnews.com" dari BPBD Riau, Senin (5/8) tercatat sejak awal januari 2019 hingga saat ini luas lahan yang terbakar di Riau telah mencapai 4.000 hektar lebih.

Sebelumnya kebakaran hutan dan lahan memang sempat padam karena dibantu hujan serta pemadaman yang terus dilakukan tim satgas gabungan, namun sejak sepekan terakhir kebakaran hutan dan lahan kembali meluas di daerah ini 

Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger mengungkapkan, tim satgas gabungan terus melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan yang masih terjadi di sejumlah wilayah di Riau. 

Operasi pemadaman dilakukan di tiga Kabupaten dan Kota, sekarang bertambah di Kabupaten Pelalawan.

"Selain tim satgas gabungan baik dari BPBD, Manggala agni, TNI dan Polri, kita juga diperkuat dengan bantuan 15 helikopter dan 1 pesawat yang akan membantu pemadaman serta menjangkau lokasi yang sulit dijangkau oleh tim darat, ucap Edwar.

Sebelumnya kebakaran hutan dan lahan terjadi di tiga kabupaten di Riau sekarang ternyata telah meluas ke beberapa kabupaten lain. 

Satu kabupaten tambahan yang lahannya terbakar yakni di Kabupaten Pelalawan, tepatnya di Desa Pangkalan Delik. Luas lahan yang terbakar mencapai 3 hektar.

Di Kabupaten Rokan Hilir, kebakaran hutan dan lahan juga terjadi di lokasi baru, tepatnya di Kecamatan Pangkaitan dengan luas lahan yang terbakar mencapai 50 hektar. (zet)



Tulis Komentar