Amankan Bukti Transfer Rp2 M

Pejabat Kena OTT Lagi di Jakarta, 11 Orang Diciduk KPK

OTT KPK/Ilustrasi. (Foto: net/anews)

JAKARTA, ANEWS — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap pejabat negara di Jakarta, Rabu (7/8/2019) malam pukul 21.30. 

Dari OTT tersebut, KPK mengamankan 11 orang, terdiri dari unsur swasta, pengusaha importir, sopir, dan orang kepercayaan anggota DPR. 

"Betul tadi malam mulai jam 21.30 ada giat di Jakarta, 11 orang sudah diamankan di Gedung KPK," ujar Ketua KPK Agus Rahardjo lewat keterangan tertulis, Kamis (8/8/2019).

Menurut dia, KPK menerima informasi rencana pemberian uang kepada seorang anggota DPR dari komisi yang bertugas di bidang perdagangan, perindustrian, dan investasi. 

Namun, Agus tidak merinci siapa orang kepercayaan anggota DPR tersebut. Ia juga tidak menyebut anggota DPR yang dimaksud. 

Agus menyampaikan, belakangan KPK menerima informasi akan terjadi transaksi terkait dengan rencana impor bawang putih ke Indonesia.

Setelah dicek, diketahui ada dugaan transaksi menggunakan sarana perbankan. 

"Tim KPK mengamankan bukti transfer sekitar Rp 2 miliar. Selain itu, dari orang kepercayaan anggota DPR ditemukan mata uang asing berupa dollar AS, masih dalam proses penghitungan dan penelusuran," ujar dia.

Belum diketahui dengan pasti siapa saja yang diamankan dalam OTT ini. Namun, KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum pihak-pihak yang diamankan. 

Dari giat OTT tersebut, KPK menduga ada rencana pemberian uang kepada anggota DPR RI bidang perdagangan, investasi, dan industri.  

"Uang rencananya diduga diberikan untuk seorang anggota DPR RI dari komisi yang bertugas di bidang perdagangan, perindustrian, investasi, dan lain-lain," ujar Agus Rahardjo. (zet)



Tulis Komentar